DaerahEkonomiGaya Hidup

BDRG Dorong Peningkatan Daya Saing Perempuan NTB

×

BDRG Dorong Peningkatan Daya Saing Perempuan NTB

Sebarkan artikel ini

Mataram- Baiq Diyah Ratu Ganefi (BDRG) sebagai Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) NTB melihat perlu adanya peningkatan daya saing perempuan NTB. Disinilah peran keberadaan IWAPI aktif memperkuat pemberdayaan  perempuan, khususnya di dunia usaha.

“Keberadaan dunia usaha sangatlah penting dalam menggerakkan ekonomi masyarakat,” kata Diyah panggilan akrab wanita berhijab ini.

Menurutnya jika dunia usaha berkembang, maka lapangan kerja pasti terbuka. Tentunya dampak yang dirasakan ekonomi rakyat juga akan semakin semarak.

”Semangat kewirausahaan harus diperkuat, agar aktivitas usaha rakyat kian berkembang,” imbuhnya.

IWAPI yang bertujuan mendorong agar peran perempuan di sektor swasta lebih meningkat. Potensi perempuan dalam pembangunan NTB pada dasarnya sangat besar. Hanya saja belum dimanfaatkan dengan baik.

Baca Juga  Green Impact Days 2024: Komitmen Tangguh Kasdim 1606/Mataram dalam Penanaman Mangrove Se-Indonesia

”Salah satu programnya pelatihan bagi perempuan, agar lebih adaptif dengan dunia digital dalam menjalankan usaha,” tambahnya.

Hal tersebut sangat penting di zaman teknologi informasi saat ini. Pihaknya pun menyiapkan program dalam rangka memperkuat sistem digitalisasi bagi usaha yang dikelola perempuan.

”Dengan sentuhan dunia digital, sektor UMKM tidak hanya bisa menjangkau  pasar lokal, tapi akan mampu berkiprah di tingkat nasional bahkan internasional,” terangnya.

IWAPI telah berperan dalam banyak hal, utamanya terkait dengan peningkatan kapasitas perempuan menjadi mandiri melalui dunia usaha. IWAPI saat ini merupakan organisasi perempuan terbesar di Indonesia bahkan Asia. Program kerja fokus 3 hal, yaitu, pengembangan SDM, pemasaran dan memperluas penambahan permodalan bagi usaha perempuan.

Baca Juga  Sinergi Babinsa, Babinmaspol, dan Masyarakat: Pemasangan Pipa Saluran Air di Dusun Geria Utara

”Perempuan NTB perlu beradaptasi dengan dunia digital dalam menjalankan usahanya. Sebab berbagai sektor kehidupan di masa kini tidak luput lagi dari digitalisasi,” kata dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *