Berita

Peduli Kesehatan Warga Binaan, Lapas Lobar Gelar Screening TB, HIV, dan IMS Bersama Puskesmas Kuripan

×

Peduli Kesehatan Warga Binaan, Lapas Lobar Gelar Screening TB, HIV, dan IMS Bersama Puskesmas Kuripan

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat – Sebagai langkah deteksi dini terhadap penyakit menular, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Lombok Barat melalui Klinik Pratama bekerja sama dengan Puskesmas Kuripan melakukan screening tuberkulosis (TB), human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Infeksi Menular Seksual (IMS) secara berkala terhadap warga binaan, Kamis (04/07) kemarin.

Sejumlah 54 warga binaan dengan seksama mengikuti setiap proses screening seperti pemeriksaan fisik, pemeriksaan rontgen dada, pemeriksaan tes cepat molekular untuk TB dan pemeriksaan darah untuk HIV.

“Kegiatan screening hari ini berjalan lancar dan hasilnyapun seperti yang kita harapkan bersama, semuanya nol positif alias negatif dari TB, HIV maupun IMS,” terang Dokter Klinik Pratama Lapas Lombok Barat, dr. Ratih usai kegiatan.

Baca Juga  Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar Siaga Keamanan Jelang KTT AIS dan MotoGP Mandalika

Tim Klinik Lapas Lombok Barat yang dikomandoi oleh dr. Ratih bersama tenaga medis dari Puskesmas Kuripan juga memberikan kesempatan konseling kepada para warga binaan dan mengingatkan agar tetap care dan aware terhadap kesehatannya terlebih ketika ada gejala.

Sementara itu, Kalapas Lombok Barat, M Fadli menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan screening yang telah dilakukan, sembari mengingatkan agar kegiatan seperti ini tetap berjalan secara berkala.

Kesehatan warga binaan menjadi tanggung jawab kita bersama, terlebih terhadap mereka yang perlu mendapatkan perhatian khusus dan kita juga berharap semoga warga binaan kita tetap negatif dari penyakit menular tersebut,” ucap M Fadli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *