Bali NusraBeritaBerita NTBBerita UtamaBreaking NewsDaerahKabar DesaKamtibmasKebakaranLobarLombokLombok BaratNasionalNewsNewsbeatNTBNTB One TerkiniPemerintahanSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Kebakaran Lahan: Damkar Lobar dan Babinsa Imbau Warga Untuk Wasapada

×

Kebakaran Lahan: Damkar Lobar dan Babinsa Imbau Warga Untuk Wasapada

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Sebuah kebakaran lahan terjadi di Bukit Monto, Dusun Monto, Desa Kuripan, Kecamatan Kuripan, Lombok Barat (Lobar). Api dilaporkan pertama kali pada pukul 12.25 WITA oleh warga setempat yang segera menghubungi Binatara Pembina Desa (Babinsa) Kuripan, Sertu Wahyu Suprianto anggota Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-04/Gerung, Komando Distrik Militer (Kodim) 1606/Mataram.

 

Kejadian bermula ketika Sertu Wahyu Suprianto menerima laporan adanya percikan api yang belum diketahui sumbernya. Tanpa menunggu lama, Babinsa bersama Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Lobar segera bergegas menuju lokasi kejadian. Sertu Wahyu Suprianto bersama masyarakat setempat berupaya keras untuk mencegah api agar tidak meluas.

 

“Panas terik dan kondisi lahan yang kering memperburuk situasi. Pohon dan dedaunan kering di Bukit Monto menjadi bahan bakar yang mudah terbakar, membuat api menjalar dengan cepat,” tutur Babinsa Kuripan, Sertu Wahyu Suprianto, Selasa Siang (16/7/2024).

Baca Juga  Kapolsek Lembar Pimpin Patroli, Pastikan Keamanan di Desa Jakem

 

“Namun, berkat kerjasama yang solid antara Babinsa, Damkar, dan masyarakat, api berhasil dipadamkan pada pukul 13.30 WITA,” tambahnya.

 

Andre, salah seorang petugas Damkar Lobar, mengungkapkan, “Kebakaran ini menunjukkan pentingnya kesiapsiagaan dan kerja sama antara berbagai pihak dalam mengatasi bencana,” tegasnya.

 

“Aksi cepat tanggap Babinsa dan Damkar Lobar, serta dukungan penuh dari masyarakat Dusun Monto, yang berhasil mengendalikan api dan mencegah kerusakan lebih lanjut tersebut menjadi keberhasilan dan bukti nyata bahwa gotong royong dan solidaritas merupakan kunci dalam menghadapi tantangan, terutama bencana alam,” ucapnya.

 

“harapan agar masyarakat semakin waspada terhadap potensi kebakaran lahan, khususnya di musim kemarau. Mari terus jaga lingkungan kita bersama, demi keselamatan dan kesejahteraan bersama,” imbau Andre, Usai berhasil memadamkan api bersama warga, dan Babinsa Kuripan.

Baca Juga  Polres Loteng Olah TKP Kasus Bocah Meninggal Tenggelam Di Jonggat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *