Bali NusraBeritaBerita NTBBreaking NewsDaerahEdukasiLombokMataramNasionalNewsNewsbeatNTBNTB One TerkiniPemerintahanPendidikanSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Paskibra NTB Dapat Wawasan Kebangsaan: Dandim 1606 Mataram Ajak Bangun Kemandirian dan Persatuan Bangsa

×

Paskibra NTB Dapat Wawasan Kebangsaan: Dandim 1606 Mataram Ajak Bangun Kemandirian dan Persatuan Bangsa

Sebarkan artikel ini

Mataram, NTB – Dalam rangka memperkuat rasa kebangsaan dan nasionalisme, Komandan Kodim (Dandim) 1606/Mataram, Kolonel Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han., memberikan materi wawasan kebangsaan kepada 28 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB )di Aula Rinjani, BPSDM NTB, Kota Mataram, Rabu (7/8/2024).

 

Pada sesi ini, Kolonel Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han., menekankan pentingnya persatuan di antara sesama anak bangsa tanpa memandang suku, agama, ras, maupun golongan. “Ikatan yang kokoh antara anak bangsa sangat penting untuk membangun cita-cita bersama dan menuju kemandirian,” ujarnya.

 

Materi yang disampaikan juga mencakup implementasi nilai-nilai nasionalisme yang mampu menghadapi tantangan global abad 21. Dandim 1606/Mataram mengingatkan bahwa nilai-nilai ini sudah ditanamkan oleh para pendiri bangsa sejak zaman Sriwijaya, Majapahit, hingga era Budi Utomo yang kemudian melahirkan Sumpah Pemuda sebagai embrio wawasan kebangsaan.

Baca Juga  Dampak Positif Proyek Bronjong Mesangguk: Kepala Dusun Pelepok Sampaikan Terima Kasih atas Kontribusi Babinsa dan Masyarakat

 

Selain itu, dia juga mengulas tentang dinamika bangsa yang penuh tantangan, termasuk munculnya pandangan sempit dan pengkhianatan terhadap bangsa. “Kita harus bangga dengan jati diri sebagai bangsa Indonesia dan tidak terpengaruh oleh budaya asing,” tegasnya.

 

Pentingnya kesadaran akan kondisi kehidupan nasional serta peran aktif dalam menghadapi dampak lingkungan strategis dan luar negeri juga menjadi poin utama dalam penyampaian materi. “Mawas ke dalam dan keluar sangat diperlukan untuk menumbuhkan sifat nasionalisme dan menjamin kelangsungan hidup bangsa,” tambahnya.

 

Kolonel Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han., juga menekankan pada peserta mengenai konsep pertahanan nasional yang harus dipersiapkan secara dini oleh pemerintah melalui sistem pertahanan negara. “TNI sebagai komponen utama harus didukung oleh komponen cadangan dan pendukung dalam menghadapi ancaman militer maupun non-militer,” jelasnya.

Baca Juga  Polres Lombok Barat Siap Amankan Pemilu 2024 dengan Kendaraan dan Peralatan Dalmas yang Siap

 

Para peserta Diklat Paskibraka Provinsi NTB mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang pentingnya wawasan kebangsaan dan bagaimana cara mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kegiatan ini diharapkan dapat menambah semangat dan wawasan kebangsaan para anggota Paskibra, serta membekali mereka dengan pengetahuan yang dapat digunakan dalam menjalankan tugas mereka di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *