Berita

Tokoh Masyarakat Lombok Barat Jadi Garda Depan Jaga Kamtibmas Jelang Pilkada

×

Tokoh Masyarakat Lombok Barat Jadi Garda Depan Jaga Kamtibmas Jelang Pilkada

Sebarkan artikel ini
Polres Lombok Barat Ajak Masyarakat Jalin Sinergi Jelang Pilkada

Kediri, Lombok Barat – Meningkatkan Kamtibmas menjelang pilkada, Polres Lombok Barat aktifkan peran tokoh Masyarakat. Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Kabupaten Lombok Barat.

Polres Lombok Barat melalui Subsatgas Preemtif Binmas terus menggiatkan kegiatan silahturahmi dengan tokoh Masyarakat, Jumat (9/8/2024).

Kegiatan ini berlangsung di Desa Dasan Baru, tepatnya di kediaman Kepala Dusun Dasan Baru, Muhammad Badri.

Kasi Humas Polres Lombok Barat, Polda NTB AKP I Gede Gumiarsana, menjelaskan Gambaran umum kegiatan ini.

Bahwa bertujuan untuk memperkuat hubungan antara pihak kepolisian dengan tokoh masyarakat setempat.

“Dengan adanya dukungan dari tokoh masyarakat, sehingga situasi di tengah masyarakat dapat tetap kondusif. Masyarakat tidak mudah terpengaruh oleh isu-isu negatif atau hoaks yang berpotensi memicu ketidakstabilan menjelang Pilkada,” ungkapnya.

Baca Juga  Satgas Preemtif Polres Lombok Barat Intensifkan Sosialisasi dan Himbauan Kamtibmas Menjelang Pemilu 2024

Peran Tokoh Masyarakat dalam Menjaga Kamtibmas

Dalam pertemuan tersebut, Subsatgas Binmas Polres Lombok Barat memberikan himbauan kepada Muhammad Badri. Masyarakat Desa Dasan Baru untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya.

Menjak untuk berperan aktif dalam menciptakan suasana yang sejuk dan damai, terutama di tengah-tengah masa Pilkada yang seringkali menjadi momen rawan konflik.

“Tokoh masyarakat memiliki pengaruh yang besar dalam menjaga stabilitas di lingkungan mereka. Oleh karena itu, keterlibatan mereka dalam mengedukasi warga agar tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang tidak benar, menjadi kunci utama dalam menjaga Kamtibmas,” ujarnya.

Ancaman Hoaks di Tengah Pilkada

Mendekati masa pemilihan, isu hoaks seringkali menjadi senjata bagi pihak-pihak tertentu untuk mempengaruhi opini publik.

Baca Juga  Peringatan Tahun Baru Hijriah, Pj Gubernur: Ajang Introspeksi menjadi Pribadi Lebih Baik

Hoaks dapat menyebar dengan cepat, terutama melalui media sosial, dan berpotensi menimbulkan ketegangan di masyarakat.

“Untuk mengantisipasi hal ini, Kepolsian melalui Subsatgas Binmas, melakukan langkah-langkah preemtif. Dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai bahaya hoaks,” terangnya.

Polres Lombok Barat mengajak masyarakat kamtibmas-desa-dasan-baru/">Desa Dasan Baru untuk selalu cross-check informasi yang mereka terima. Baik melalui media sosial maupun dari sumber lainnya.

“Kesadaran masyarakat dalam memilah informasi sangat penting agar tidak terjebak dalam jebakan informasi palsu yang bisa memicu keresahan,” ucapnya.

Sinergi untuk Kamtibmas yang Kondusif

Kegiatan silahturahmi dan sambang Subsatgas Binmas Polres Lombok Barat ini merupakan bagian dari strategi preemtif. Untuk menjaga stabilitas Kamtibmas di Kabupaten Lombok Barat menjelang Pilkada.

Baca Juga  Babinsa dan Warga Sambut Keberangkatan Umroh dengan Penuh Kehangatan

“Dengan melibatkan tokoh masyarakat, sehingga pesan-pesan Kamtibmas dapat tersampaikan dengan baik kepada seluruh lapisan Masyarakat,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *