Berita

Polres Lombok Barat Patroli Gencar, Jaga KPU dan Bawaslu Jelang Pilkada

×

Polres Lombok Barat Patroli Gencar, Jaga KPU dan Bawaslu Jelang Pilkada

Sebarkan artikel ini
Polisi Patroli Intensif, Jaga KPU dan Bawaslu Lombok Barat Tetap Aman

Lombok Barat, NTB – Polres Lombok Barat melalui Satuan Samapta (Sat Samapta) terus mengintensifkan kegiatan patroli preventif di Onjek Vital Pilkada 2024. Berfokus pada penciptaan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari Operasi Gatari Praja 2024, yang merupakan langkah strategis untuk memastikan Pilkada berjalan dengan aman, damai, dan tertib.

Pelaksanaan Patroli Ops Gatari Praja 2024 di Bawaslu

Personel yang tergabung dalam Operasi Gatari Praja 2024 melaksanakan patroli di Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lombok Barat, Sabtu (17/8/2024).

Kasat Samapta Polres Lombok Barat, Iptu Eko Nugroho, S.H., menjelasakan tujuan kegiatan ini.

“Bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan Bawaslu, yang memiliki peran krusial dalam mengawasi proses Pilkada,” ungkapnya.

Baca Juga  Kodim 1606/Mataram Dan Bawaslu Kota Mataram Mengadakan Silaturahmi Hangat Untuk Memperkuat Kerjasama Dalam Menjaga Kamtibmas Menjelang Pemilu

Dalam kegiatan tersebut, anggota Sat Samapta berdialog dengan pegawai Bawaslu.

Bekerja sama dalam menciptakan Pilkada yang aman, sejuk, dan damai.

Iptu Eko Nugroho menekankan pentingnya koordinasi yang solid antara Polri dan Bawaslu dalam menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif.

“Kami berharap Bawaslu sebagai pengawas pemilu dapat bekerja sama dengan kami dalam menjaga keamanan. Sehingga setiap tahapan Pilkada dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan,” ujar Iptu Eko Nugroho.

Peningkatan Patroli di Kantor KPU

Tidak hanya di Bawaslu, juga melaksanakan patroli di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Barat.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya preventif untuk mengantisipasi gangguan keamanan selama tahapan penyelenggaraan Pilkada serentak.

Baca Juga  Patroli Dini Hari Polsek Sekotong Jaga Keamanan Wilayah Rawan Aksi Kriminalitas

Patroli di KPU bertujuan untuk memastikan bahwa situasi Kamtibmas di wilayah hukumnya tetap terkendali dan aman.

“Kami juga berkoordinasi dengan pihak KPU, dalam menghadapi berbagai potensi ancaman yang dapat mengganggu jalannya Pilkada,” terangnya.

Menurut Iptu Eko Nugroho, pelaksanaan patroli ini merupakan bagian dari strategi jangka Panjang. Untuk menciptakan situasi yang kondusif menjelang Pilkada serentak 2024.

“Kami ingin memastikan bahwa setiap tahapan Pilkada di Kabupaten Lombok Barat berlangsung tanpa hambatan. Sehingga masyarakat dapat menyalurkan hak pilihnya dalam suasana yang aman dan tertib,” jelasnya.

Komitmen Kepolisian dalam Menjaga Stabilitas Keamanan

Operasi Gatari Praja 2024 bukan hanya sekadar kegiatan rutin, tetapi merupakan bagian dari komitmen Kepolisian. Untuk menjaga stabilitas keamanan di wilayah hukumnya.

Baca Juga  Diskusi Jumat Curhat Fokus pada Pembinaan Kamtibmas dan Kolaborasi dengan Sekolah di Sekotong

Kegiatan ini mencakup berbagai bentuk patroli, termasuk patroli dialogis, yang melibatkan interaksi langsung dengan Masyarakat. Serta instansi terkait untuk memperkuat sinergi dalam menjaga Kamtibmas.

Patroli dialogis yang dilakukan di Bawaslu dan KPU Lombok Barat ini merupakan salah satu langkah preventif yang diambil Polres Lombok Barat. Dalam menghadapi potensi gangguan keamanan menjelang Pilkada.

Dengan adanya koordinasi yang baik antara Polri dan lembaga penyelenggara pemilu, diharapkan setiap potensi gangguan dapat diantisipasi sejak dini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *