Bali NusraBerita NTBDaerahKetahanan PanganLombokNasionalNTBPertanianSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Kolaborasi TNI dan Petani: Talud Irigasi Baru Siap Tingkatkan Ketahanan Pangan di Mataram

×

Kolaborasi TNI dan Petani: Talud Irigasi Baru Siap Tingkatkan Ketahanan Pangan di Mataram

Sebarkan artikel ini

Mataram, NTB – Dalam semangat kebersamaan dan nilai gotong royong, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Jempong Baru, Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-09/Ampenan, berkolaborasi dengan warga setempat melaksanakan pengerjaan talud irigasi tersier sepanjang ±300 meter di Area Tanam Kelompok Tani (Poktan) Karang Pule 2, Lingkungan Mapak Indah, Kelurahan Jempong Baru, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram, Kamis (22/8/2024).

Pembangunan talud irigasi ini memiliki peran krusial dalam memperkuat sistem irigasi yang menjadi tulang punggung pertanian di daerah tersebut. Babinsa Jempong Baru, Sertu Samsuri, menjelaskan “talud ini berfungsi sebagai penahan air yang akan mengalirkan air ke lahan pertanian dengan lebih optimal,” jelasnya.

“Dengan adanya talud ini, kami berharap aliran air ke lahan pertanian dapat lebih teratur, sehingga hasil panen meningkat dan ketahanan pangan warga terjaga,” tambah Sertu Samsuri.

Baca Juga  Babinsa dan Bhabinkamtibmas Aktif Sosialisasikan Anti-Bullying di SD 14 Ampenan, Mataram

Kegiatan ini merupakan bukti nyata dari sinergi antara TNI dan masyarakat. “Ini bukan hanya tentang pembangunan infrastruktur, tetapi juga tentang memperkuat ikatan sosial dan kebersamaan antara aparat dan warga. Kami berharap gotong royong ini menjadi contoh dan terus berlanjut di kegiatan lainnya,” tegasnya.

Antusiasme warga dalam gotong royong ini terlihat jelas. Mereka menyambut positif kolaborasi dengan Babinsa, menyadari bahwa perbaikan irigasi ini akan menjadi penentu keberhasilan musim tanam mendatang. Salah satu warga mengungkapkan rasa syukur dan harapannya agar kerja sama ini dapat terus berlanjut untuk kepentingan bersama.

Ketua Poktan Karang Pule 2,  Hairuman, mengungkapkan terimakasih kepada seluruh pihak berharap proyek ini dapat selesai tepat waktu, sehingga manfaatnya bisa segera dirasakan oleh warga, terutama para petani yang sangat bergantung pada irigasi yang baik dalam mengelola pertanian mereka. “inisiatif Babinsa dalam membantu warga ini akan menjadi langkah awal dari banyak kolaborasi serupa dengan masyarakat,” tutupnya.

Baca Juga  Babinsa dan Warga Gerimax Indah Bersinergi Tanam Pohon Cegah Bencana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *