Bakti SosialBali NusraBerbagiBeritaBerita NTBBerita UtamaDaerahHead LineKabar DesaLobarLombokLombok BaratNasionalNewsNewsbeatNTBNTB One TerkiniPemerintahanSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Krisis Air Bersih Melanda Lobar, Koramil dan Damkar Turun Tangan

×

Krisis Air Bersih Melanda Lobar, Koramil dan Damkar Turun Tangan

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Kekeringan yang berkepanjangan tengah melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Lombok Barat (Lobar), termasuk di wilayah Kuripan Selatan. Menghadapi situasi ini, Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-04/Gerung bersama Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Lobar segera bertindak untuk mendistribusikan air bersih kepada warga yang terdampak, khususnya di Dusun Tunggu Lawang Barat, Desa Kuripan Selatan, Kecamatan Kuripan, Jumat (30/8/2024).

Distribusi air bersih dilakukan di beberapa titik paling terdampak kekeringan, di mana sumur-sumur warga telah mengering, sehingga akses terhadap air bersih menjadi sangat terbatas. Dengan menggunakan mobil tangki milik Damkar, Koramil dan tim Damkar bahu-membahu menyalurkan air bersih ke rumah-rumah warga yang sangat membutuhkan.

Baca Juga  Sinergi TNI-Polri di Lombok Barat: Sambang Silaturahmi dan DDS Jaga Harkamtibmas

Kapten Inf Ahmad Baidawi, Komandan Koramil (Danramil) 1606-04/Gerung, menegaskan pentingnya tindakan cepat ini. “Kami tidak bisa tinggal diam melihat warga semakin kesulitan mendapatkan air bersih. Kegiatan ini adalah bentuk kepedulian dan tanggung jawab bersama. Kami berharap dengan kolaborasi ini, beban warga dapat sedikit berkurang dan kebutuhan dasar seperti air bersih tetap terpenuhi,” ungkapnya.

Kepala Staf Operasional Damkar Lobar, Lalu Satriawan, S.H., juga mengapresiasi kerjasama ini. “Sinergi antar instansi sangat penting dalam menghadapi bencana seperti ini. Kami akan terus berkolaborasi untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Salah seorang warga, Inaq Uti, yang menerima bantuan air bersih, menyampaikan rasa syukurnya. “Kami sangat berterima kasih kepada Bapak-bapak TNI dan petugas Damkar yang telah mengantarkan air bersih kepada kami. Kami berharap distribusi ini dapat terus berlanjut selama kekeringan masih berlangsung,” harapnya.

Baca Juga  Pengaturan Lalu Lintas Sore Polsek Sekotong: Pelayanan Prima dan Himbauan Tertib Berkendara

Ruslan, S.Pd., Kepala Dusun Tunggu Lawang Barat, juga menyampaikan apresiasinya. “Kami sangat berterima kasih kepada Koramil Gerung dan petugas Damkar Lobar yang telah membantu warga kami yang sedang mengalami krisis air akibat musim kemarau yang berkepanjangan,” katanya.

Danramil menegaskan bahwa aksi distribusi air bersih ini akan terus dilakukan selama kondisi kekeringan belum mereda. Koramil dan Damkar Lobar berkomitmen untuk selalu hadir di tengah masyarakat, terutama di saat-saat krisis seperti sekarang ini. “Kami akan terus berada di sini untuk masyarakat,” tutup Kapten Inf Ahmad Baidawi, Danramil 1606-04/Gerung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *