Bali NusraBeritaBerita NTBDaerahKamtibmasLombokMataramNewsNTBPemerintahanSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

TNI dan Masyarakat Bersatu: Antisipasi Radikalisme dan Separatisme di Mataram

×

TNI dan Masyarakat Bersatu: Antisipasi Radikalisme dan Separatisme di Mataram

Sebarkan artikel ini

Mataram, NTB — Dalam upaya memperkuat ketahanan wilayah dan mencegah ancaman radikalisme serta separatisme, Komando Distrik Mikiter (Kodim) 1606/Mataram menggelar Pembinaan Komunikasi Sosial Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme di Aula Kodim 1606/Mataram, yang dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat dan instansi terkait.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1606/Mataram, Letkol Inf Supriadi, S.H., M.H., yang menyampaikan pentingnya kerjasama antara TNI dan masyarakat dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dalam sambutannya, ia menegaskan bahwa radikalisme dan separatisme merupakan ancaman serius yang dapat merusak persatuan bangsa. “Kami terus mengajak masyarakat untuk waspada terhadap gerakan yang berpotensi memecah belah bangsa. Kehadiran bapak-ibu sekalian di sini sangat penting sebagai mitra strategis dalam menjaga keamanan dan ketertiban wilayah,” ucapnya.

Baca Juga  Babinsa Duman dan Tim Kesehatan Puskesmas Sigerongan Perangi Demam Berdarah dengan Fogging

Turut hadir dalam acara tersebut, antara lain Pasi Intel Kodim 1606/Mataram Mayor Cke Danang Kristiyanto, Pjs. Pasi Ter Kodim 1606/Mataram Mayor Inf I Made Suwandi, Komandan Koramil (Danramil) 1606-01/Cakranegara Kapten Inf Iwan Suryawinarto, serta sejumlah tokoh masyarakat, agama, dan pemuda dari wilayah binaan Kodim 1606/Mataram. Selain itu, perwakilan dari Polresta Mataram, Polres Lombok Barat, Satpol PP, serta Kesbangpol juga tampak aktif berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Pasi Intel Kodim 1606/Mataram, juga menegaskan bahwa pembinaan komunikasi sosial ini merupakan bagian dari program strategis untuk menjaga ketahanan wilayah. “Kita semua memiliki tanggung jawab bersama untuk menangkal pengaruh buruk radikalisme dan separatisme. Waspadai setiap pergerakan mencurigakan, dan laporkan kepada pihak berwenang agar tindakan preventif dapat segera diambil,” tegas Mayor Cke Danang Kristiyanto.

Baca Juga  Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar Amankan Pembelian Tiket di Toll Gate, Cegah Aksi Premanisme dan Calo

Kegiatan ini juga diisi dengan penyampaian materi dari para narasumber, yang menekankan pentingnya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya radikalisme dan separatisme. Para pemateri menyampaikan langkah-langkah yang dapat dilakukan masyarakat untuk mencegah berkembangnya paham-paham berbahaya ini, termasuk pentingnya melaporkan setiap aktivitas yang mencurigakan di lingkungan masing-masing.

“Kami berharap, dengan adanya pembinaan ini, masyarakat dapat lebih sigap dalam menjaga wilayahnya dari pengaruh-pengaruh negatif yang berpotensi mengancam persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Kasat Binmas Polresta Mataram, Kompol Adnan Manan.

Pembinaan ini diharapkan mampu mempererat sinergi antara TNI, Polri, dan masyarakat dalam menjaga keamanan serta kedaulatan negara, terutama di wilayah Mataram dan sekitarnya. Kodim 1606/Mataram akan terus melaksanakan program-program serupa guna mewujudkan kesadaran kolektif akan bahaya radikalisme dan separatisme, serta pentingnya mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara.

Baca Juga  Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar Jaga Ketat Keamanan Pelabuhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *