Bakti SosialBali NusraBeritaBerita NTBBerita UtamaBinkamDaerahLombokMataramNasionalNewsNewsbeatNTBNTB One TerkiniPariwisataPemerintahanSinergitas Pemda TNI POLRITNI-PolriTravelWisata

Aksi Nyata TNI di HUT ke-79: Pembersihan Pantai Loang Baloq untuk Pelestarian Lingkungan

×

Aksi Nyata TNI di HUT ke-79: Pembersihan Pantai Loang Baloq untuk Pelestarian Lingkungan

Sebarkan artikel ini

Mataram, NTB – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2024, Kodim 1606/Mataram menggelar aksi Karya Bakti pembersihan Pantai Loang Baloq, Kelurahan Tanjung Karang, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram. Acara ini dihadiri oleh ±350 peserta, termasuk personel TNI, Polri, instansi pemerintah, dan masyarakat sekitar, mengusung tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Sukses Nasional Untuk Indonesia Maju”.

Kegiatan dipimpin oleh Kepala Staf Korem (Kasrem) 162/Wira Bhakti, Kolonel Inf Susanto Lastua Manurung, yang membacakan sambutan Komandan Korem (Danrem) 162/Wira Bhakti, Brigjen TNI Agus Bhakti, S.I.P., M.I.P., M.Han., menekankan pentingnya menjaga kebersihan pantai sebagai wujud nyata cinta terhadap lingkungan. “Hari ini, kita berkumpul dalam semangat kebersamaan untuk menjaga kelestarian Pantai Loang Baloq. Ini bukan sekadar aksi fisik, melainkan tanggung jawab kita bersama untuk melindungi ekosistem laut dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan yang sehat,” ungkapnya, Jum’at (11/10/2024).

Baca Juga  Polres Lombok Barat Siap Amankan Pemilu 2024, Personel Diberi Pengecekan Kesehatan

Komandan acara, Kapten Inf Zainul Fahri, Danramil 1606-09/Ampenan, menambahkan “aksi ini juga bertujuan mengedukasi masyarakat mengenai dampak negatif sampah plastik bagi laut dan kehidupan di dalamnya. Seluruh lapisan masyarakat diundang untuk terlibat dalam menjaga kebersihan, baik dengan aksi nyata maupun dukungan moral,” harapnya.

Acara ini melibatkan berbagai unsur, termasuk personel dari Lanal Mataram, Lanud Zam Rembiga, Brimob Polda NTB, Polresta Mataram, serta instansi terkait seperti Dinas Pariwisata dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram. Selain itu, hadir pula tokoh-tokoh penting seperti Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi NTB dan Asisten I Kota Mataram.

“Kami harap, melalui kegiatan ini, masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan pantai, terutama dalam mengurangi penggunaan plastik sekali pakai yang berdampak buruk bagi lingkungan,” ujar Kasdim 1606/Mataram, Letkol Inf Supriadi SH.,MH, yang turut hadir dalam acara tersebut.

Baca Juga  Cepat dan Tepat! Tim Resmob Polresta Mataram Amankan Pencuri Motor dalam 1x24 Jam

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata NTB, mengungkapkan, “Karya bakti ini menjadi bagian dari rangkaian kegiatan memperingati HUT TNI ke-79, yang tahun ini difokuskan pada upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan masyarakat yang lebih sadar lingkungan. Dengan aksi ini diharapkan membawa dampak positif yang berkelanjutan, bukan hanya bagi Pantai Loang Baloq, tetapi juga bagi seluruh ekosistem laut di wilayah NTB,” tutup Jamaluddin, S.Sos., M.T., usai turut dalam aksi tersbut.

Dengan semangat gotong royong, TNI menunjukkan bahwa kehadirannya tidak hanya untuk menjaga kedaulatan negara, tetapi juga untuk memastikan bahwa lingkungan tempat kita hidup tetap terjaga untuk generasi mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *