Bakti SosialBali NusraBeritaBerita NTBBinkamBreaking NewsDaerahKabar DesaKetahanan PanganKLULombokLombok UtaraLotaraNasionalNewsNewsbeatNTBNTB One TerkiniPemerintahanSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Dandim 1606/Mataram Pimpin Gerakan Bersih Pantai dan Pasar Murah: Cermin Kolaborasi untuk Lingkungan dan Ekonomi

×

Dandim 1606/Mataram Pimpin Gerakan Bersih Pantai dan Pasar Murah: Cermin Kolaborasi untuk Lingkungan dan Ekonomi

Sebarkan artikel ini

Lombok Utara, NTB – Dalam semangat memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-79, Komando Distrik Militer (Kodim) 1606/Mataram menggelar karya bakti dan pasar murah yang berlangsung di Pantai Beraringan, Desa Kayangan, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara (KLU), ±300 peserta dari berbagai elemen masyarakat, instansi pemerintah, dan TNI-Polri, turut ambil bagian dalam acara ini.

Kegiatan dimulai dengan apel pagi yang dipimpin oleh Komandan Kodim (Dandim) 1606/Mataram, Kolonel Arm Muh Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han., dan dihadiri sejumlah pejabat penting, termasuk Kapolres KLU, AKBP Didik Putra Kuncoro, S.I.K., M.Si., serta perwakilan dari berbagai instansi pemerintahan dan lembaga keamanan. Karya bakti ini tidak hanya bertujuan membersihkan pantai, tetapi juga menjadi momentum untuk memperkuat kolaborasi lintas sektor dalam menjaga lingkungan.

Baca Juga  Sat Binmas Polres Lombok Barat Gelar Binluh IKS Cegah Kenakalan Remaja, Narkoba, dan Bullying

Dalam amanatnya, Dandim 1606/Mataram menyampaikan pentingnya menjaga kebersihan pantai sebagai upaya melestarikan keindahan alam dan daya tarik wisata. “Pantai kita adalah cerminan potensi besar yang kita miliki. Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi contoh bagi daerah lain, tidak hanya di NTB, tetapi juga di kancah nasional dan internasional. Kebersamaan kita hari ini membuktikan bahwa menjaga lingkungan adalah tanggung jawab bersama,” ujar Kolonel Arm Muh Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han.

Selain pembersihan pantai, acara juga diisi dengan penanaman pohon secara simbolis, menandai komitmen untuk menjaga kelestarian alam. “Melalui aksi sederhana ini, kita berharap dapat memberikan dampak besar bagi ekosistem pantai dan lingkungan sekitar,” tambah Dandim 1606/Mataram.

Baca Juga  Jumat Sedekah: Inovasi Peduli Sesama dari Polsek Gerung

Tidak hanya karya bakti, kegiatan pasar murah yang diselenggarakan di lokasi yang sama turut menarik perhatian masyarakat. Beragam kebutuhan pokok dijual dengan harga terjangkau, memberikan manfaat langsung kepada warga sekitar. Ini menjadi bukti bahwa kehadiran TNI bukan hanya menjaga keamanan, tetapi juga berperan aktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Apel pagi tersebut diikuti oleh peserta dari berbagai kalangan, termasuk anggota TNI-Polri, BPBD, Satpol PP, dinas sosial, perangkat desa, komunitas motor, hingga pelajar. Keterlibatan mereka menunjukkan antusiasme dan kesadaran yang tinggi akan pentingnya menjaga lingkungan dan memajukan daerah.

Dengan tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju,” peringatan HUT TNI kali ini tak hanya menjadi refleksi sejarah perjuangan, tetapi juga perwujudan peran TNI dalam mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *