Bali NusraBeritaBerita DesaKabar DesaKetahanan PanganLobarLombokLombok BaratNasionalNewsNTBPertanianSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Petani Desa Sigerongan Apresiasi Bantuan Pompa Air, Produktivitas Sawah Meningkat

×

Petani Desa Sigerongan Apresiasi Bantuan Pompa Air, Produktivitas Sawah Meningkat

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sigerongan, Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-08/Narmada, pantau pemanfaatan bantuan pompa air yang diberikan Dinas Pertanian kepada para petani Subak 4 Kelompok Tani (Poktan) Sumber Hidup, Desa Sigerongan, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat, Selasa (15/10/2024).

 

Pemantauan ini dilakukan untuk memastikan bahwa bantuan pompa air dapat digunakan secara optimal oleh para petani guna mengatasi kendala irigasi yang kerap mereka hadapi, terutama di musim kemarau. Sertu Zainal Abidin, Babinsa Sigerongam yang turut didampingi oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) setempat, menilai bahwa kehadiran pompa air ini sangat membantu produktivitas lahan sawah.

 

Dalam kesempatan tersebut, para petani menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah dan TNI yang selalu mendukung kesejahteraan mereka melalui berbagai program yang tepat sasaran. “Bantuan pompa air ini diharapkan dapat meningkatkan intensitas tanam dan hasil panen, mengingat pentingnya suplai air bagi lahan pertanian di Desa Sigerongan,” tutur Amaq Ahmad salah satu petani dari Poktan Sumbe Hidup yang menerima manfaat dari bantuan pompa air tersbut.

Baca Juga  Petasan Dilarang! Polsek Lembar Jaga Kenyamanan Ibadah Ramadhan

 

Bantuan ini tidak hanya meringankan beban petani dalam hal irigasi, tetapi juga menjadi bukti nyata sinergi antara TNI, pemerintah, dan masyarakat untuk mendukung ketahanan pangan di wilayah Kecamatan Lingsar.

 

“Pemantauan seperti ini sangat penting agar bantuan yang diberikan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat dan digunakan dengan sebaik-baiknya,” ujar Sertu Zainal Abidin.

 

Program ini diharapkan dapat terus berlanjut dan menyentuh lebih banyak petani yang membutuhkan dukungan, khususnya dalam menghadapi tantangan perubahan iklim yang mempengaruhi ketersediaan air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *