Bakti SosialBeritaBerita DesaBerita NTBBinkamKabar DesaKegiatan MasyarakatKetahanan PanganLobarLombokLombok BaratNasionalNewsPemerintahanPertanianSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Sinergi Babinsa dan Petani, Irigasi Sigerongan Kembali Optimal

×

Sinergi Babinsa dan Petani, Irigasi Sigerongan Kembali Optimal

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Bintara Pembina Desa (Babinsa), Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-08/Narmada, bersama warga Subak 1 dan Subak 2 di Dusun Berembeng Barat bekerja bahu-membahu memperbaiki saluran irigasi yang menjadi nadi pengairan lahan pertanian di di Desa Sigerongan, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat, Senin (28/10/2024).

 

Perbaikan ini turut dihadiri oleh Pekasih Desa Sigerongan, Bapak Wawan, serta Kepala Dusun (Kadus) Berembeng Barat, Haris Fatahul Akim, yang menggerakkan warga untuk menjaga kelestarian saluran irigasi dengan bersama-sama bergotong royong. “Aliran air yang lancar ke sawah adalah kunci keberhasilan panen dan kesejahteraan masyarakat yang menggantungkan hidup pada sektor pertanian,” Jelas Haris Fatahul Akim, Kadus Berembeng Barat.

Baca Juga  Patroli Polsek Gerung Ciptakan Kamtibmas Kondusif di Wilayah Hukum Polres Lobar

 

Babinsa Sigerongan, Sertu Zainal Abidin mengungkapkan, gotong royong ini bukan hanya sekadar perbaikan infrastruktur, tetapi lebih dari itu, merupakan bentuk perhatian TNI terhadap keberlanjutan hidup para petani. “Kita harus memastikan air tetap mengalir ke lahan. Inilah yang menjaga kesejahteraan dan ketahanan pangan kita. Kerja sama ini menunjukkan sinergi antara TNI dan masyarakat untuk menjaga keberlangsungan hidup petani,” katanya.

 

Sementara itu, Wawan yang bertugas sebagai Pekasih memberikan apresiasi tinggi kepada warga yang selalu kompak dalam mejaga saluran irigasi pengairan menuju persawahan. “Saluran irigasi ini adalah kunci keberhasilan pertanian di desa kami. Kepedulian dan kerja sama ini harus terus dijaga agar hasil pertanian tetap optimal,” tuturnya.

Baca Juga  Jumat Curhat Membangun Sinergi: Polres Lombok Barat Bersatu Padu Jaga Kamtibmas dan Kondusifitas Pemilu 2024

 

Kegiatan perbaikan saluran irigasi ini menjadi bagian dari upaya menjaga ketahanan pangan di Desa Sigerongan, memastikan para petani dapat terus mengandalkan pasokan air yang cukup untuk lahan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *