banner 728x250

Antisipasi Bencana Diperairan Lombok, SAR Mataram Tingkatkan Kewaspadaan

banner 468x60

Lombokprime.com- Antisipasi gelombang tinggi di perairan Nusa Tenggara Barat (NTB) Badan Pencarian dan Pertolongan SAR Mataram, melakukan penambahan personil untuk kesiapsiagaan dalam melakukan operasi SAR saat bencana terjadi, Rabu (18/5)

“Kami menambah kewaspadaan kemudian untuk siaga kami tambahkan personil sepersekian orang,” kata Kepala Kantor SAR Mataram Nanang Sigit PH.

banner 325x300

 Ditambahkan Nanang bahwa  seluruh peralatan yang dimiliki oleh SAR Mataram juga ikut disiagakan mulai kendaraan mesin untuk melakukan pertolongan hingga kapal.

“Termasuk juga mereadykan semua alat-alatnya misalnya di pelabuhan lembar hanya ada satu kapal kita tambah dengan kapal kecil,” jelasnya

Potensi gelombang besar yang kerap terjadi di sekitar perairan sangiang  utara kabupaten Bima. Yang sering terjadi kecelakaan kapal hingga tenggelam.

“Gelombang besar sering terjadi di perairan utara yang sering terjadi itu di utaranya bima sangiang itu,  beberapa kali terjadi saat gelombang besar pasti ada saja kecelakaan,” ungkapnya

Selain itu, Badan Pencarian dan Pertolongan SAR Mataram memberikan pelatihan pertolongan pertama terhadap puluhan potensi SAR (first aider) di kawasan destinasi pariwisata super prioritas kawasan khusus mandalika Kabupaten Lombok Tengah.

“Pertolongan pertama  tahu First Aider ini adalah sesuatu yang dasar atau yang harus ada pada potensi SAR baik itu dalam pertolongan di air berupa kecelakaan kapal maupun udara kemudian kecelakaan di jalan raya First Aider ini semuanya diperlukan,” pungkasnya

First Aider merupakan basic yang sangat diperlukan oleh para potensi SAR, dikarenakan bagaimana memberikan pertolongan awal kepada orang yang sedang mengalami kecelakaan itu hanya hitungan menit jika tidak segera dilakukan pertolongan akan menyebabkan kematian.

“Makanya kami akan melatih di tempat-tempat rawan bencana seperti di lombok tengah ini adalah komunitas yang berada di kawasan mandalika, dengan ada mereka di lokasi lebih cepat melakukan pertolongan kepada wisatawan maupun warga,” tegasnya

Sementara itu Sekda Kabupaten Lombok Tengah Lalu Firman Wijaya mengatakan Pelatihan Potensi SAR “Pertolongan Pertama kawasan Mandalika, dimana  pemerintah  telah menetapkan mandalika sebagai destinasi pariwisata super prioritas (DPSP).

“Sehingga potensi tsunami di wilayah ini cukup besar,” kata Lalu Firman Wijaya.

Selain itu Firman berharap pelatihan potensi SAR ini lebih cepat dan efektif saat melakukan pencarian dan pertolongan saat terjadi bencana ataupun kecelakaan di kawasan ekonomi khusus mandalika.

“Dengan adanya potensi SAR ini tak lagi harus menunggu tim SAR Mataram untuk melakukan pencarian dan pertolongan saat bencana terjadi, karena bisa dilakukan secara mandiri,” ungkapnya

Dengan pelatihan kepada puluhan potensi SAR di kawasan Mandalika ini akan memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan yang sedang berlibur di pulau lombok, lebih khusus di lombok.

banner 325x300
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.