banner 728x250

Tingkatkan Layanan, PLN Resmikan Yantek Academy di Sumbawa

banner 468x60

Lombokprime.com – Tak berhenti berinovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, PLN kembali meluncurkan Akademi Pelayanan Teknik (Yantek) atau disebut Yantek Academy. Program dengan tujuan utama untuk meningkatkan kompetensi petugas Yantek ini diresmikan oleh General Manager PLN UIW NTB, Sudjarwo di kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sumbawa, Sumbawa Besar (19/05).

“Petugas Yantek adalah ujung tombak pelayanan PLN. Kualitas dan kompetensinya harus terus dijaga dan ditingkatkan karena dampaknya akan dirasakan secara langsung oleh masyarakat”, tutur Djarwo.

banner 325x300

Melalui Yantek Academy, petugas Yantek tidak hanya memperoleh teori terkait dengan ilmu kelistrikan, tetapi juga praktek langsung di fasilitas yang telah disediakan. Dalam satu sesi, program pelatihan diikuti oleh 10-20 orang petugas.
Tentunya jumlahnya telah diatur sedemikian rupa supaya tidak mengganggu pelayanan kepada pelanggan.

Beberapa pelatihan yang telah berjalan antara lain pelatihan terkait teori dasar listrik, pemeliharaan gardu dan jaringan, pengoperasian keypoint dan sistem proteksi dan beberapa materi yang lain, yang terkait dengan pekerjaan Yantek. PLN sendiri juga telah melakukan perencanaan pelatihan untuk Yantek Academy ini hingga semester dua tahun 2022.

“Pengetahuan dasar mengenai wiring, aspek dan potensi K3 dan bidang kelistrikan wajib dimiliki dan dijaga oleh petugas Yantek. Salah satu cara untuk menjaga kompetensi ini adalah dengan terus melakukan pelatihan, baik secara teori dan praktek. Yantek Academy mewadahi semua kegiatan tersebut”, pungkas Djarwo.

Total petugas Yantek sendiri di PLN UP3 Sumbawa adalah berjumlah 176 orang. Seluruh petugas ini tersebar di empat Unit Layanan Pelanggan (ULP), yakni ULP Alas, ULP Empang, ULP Taliwang dan ULP Samawa Rea dan melayani 200.038 pelanggan.

“Ini merupakan salah satu cara PLN untuk bersiap menghadapi disrupsi. Dengan petugas Yantek yang kompeten, PLN berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang andal dan berkualitas untuk NTB”, tegas Djarwo.

Total 3 Unit Pelaksana di NTB telah mengimplementasikan program Yantek Academy ini. Sebelumnya, PLN UP3 Mataram dan PLN UP3 Bima juga telah mengaplikasikan program ini di tahun 2021.

banner 325x300
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.