banner 728x250

Warga Cakranegara Pawai Takbiran Idul Adha 1443 H, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Atur Lalu Lintas

banner 468x60

Mataram, LombokPrime  – Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-01/Cakranegara bersama Polsek Sandubaya laksanakan pengaman malam takbiran dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1443 H di wilayah binaan Koramil 1606-01/Cakranegara, Kota Mataram, Sabtu Malam (9/7/2022).

Kegiatan yang di ikuti oleh seluruh warga dan tiap-tiap kelurahan, di mulai dari anak-anak hingga dewasa berjalan dengan membawa ornamen masjid yang di arak mengeliling jalan kampung.

banner 325x300

Personel TNI-AD dari Koramil 1606-01/Cakranegara bersama anggota Polsek Sandubaya, serta Linmas yang mengamankan jalanya pawai takbiran, salah satunya Babinsa Sertu Rusdi bersama Bhabinkamtibmas dengan sigap dan cekatan mengatur lalu lintas kendaraan peserta dan untuk memberikan jalan kepada warga yang melintas.

Sertu Rusdi mennerangkan, “Kami bersama pihak kelurahan dan Bhabinkamtibmas mengimbaun kepada warga untuk tetap tertib dan memberikan ruang untuk pengguna jalan lain,” tegasnya.

Di tempat terpisah Danramil 1606-01/Cakranegara Kapten Inf Jamuhur mengatakan, “kegiatan takbiran keliling ini merupakan tradisi kebudayaan masyarakat Indonesia saat menyambut dua hari raya yakni, Idul Fitri dan Idul Adha yang perlu di pertahankan dan di lestarikan sebagai wahana untuk mempererat ukuwah Islamiyyah sesama umat muslim, namun perlu di perhatikan juga faktor keamanan dan kenyamanan warga lainnya, jangan sampai terjadi gesekan di lapangan, untuk itu kami perintahkan Babinsa untuk turun mengikuti kegiatan hingga selsesai,” ucap Danramil.

Ia juga menambahkan, “Babinsa sebagai aparat kewilayahan yang bersentuhan langsung dengan warga wajib mengawal dan mengamankan acara ini supaya terlaksana aman dan lancar. Ini merupakan tangung jawab seorang Babinsa untuk membina dan menjaga serta berlaku adil di wilayah binaanya dalam mengikuti setiap kegiatan acara keagamaan. Hal tersebut untuk menjaga keamanan dan ketertiban agar tidak terjadi gesekan antara umat beragama, yang kita ketahui wilayah Koramil 01/Cakranegara ini di huni oleh beragam suku agama dan budaya,” tutup Danramil.

banner 325x300
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.