banner 728x250

Babinsa Ajak Mahsiswa Yang Sedang Melaksanakan KKP Kunjungi Perajin Gula Aren

banner 468x60

Lombok Barat, LombokPrime – Sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) mengayomi semua lapisan masyarakat merupakan salah satu tugas pokok saat berada di satuan kewilayahan, seperti yang di laksanakan oleh Babinsa Wilayah Koramil 1606-08/Narmada Sertu M. Hafizin Desa Duman dalam melaksanakan kegiatan teritorial di Rumah Kepala Dusun (Kadus) Duman Utara, Desa Duman, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat, Rabu (10/8/2022).

Dalam tugas teritorial yang di laksanakan dengan mengajak Mahasiswa yang sedang Kuliah Kerja Partisipati (KKP) dari UIN Mataram untuk mengunjungi perajin gula aren, kunjungannya kali ini untuk mengajarkan dan mengenalkan proses pembuatan gula aren muali dari pengambilan air nira hingga pengolahannya.

banner 325x300

Sertu M. Hafizin Babinsa Desa Duman menjelaskan, “hari ini kami mengajak Mahasiswa KKP UIN Mataram yang sedang melaksanakan tugas kuliah di Kantor Desa Duman dengan turun langsung bersama Kadus Duman Utara dalam memberikan pendampingan serta sosialisasi kepada masyarakat perajin gula aren guna meningkatkan hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang di Kelola oleh masyarakat perajin gula aren,” jelasnya.

“Menjadi perajin gula aren merupakan salah satu mata pencaharian masyarakat Dusun Duman Utara selain dari mengolah hasil kebun lainnya. Kami berharap dengan kedatangan adik-adik mahasiwa KKP ini bisa memberikan pengetahuan bagi masyarakat dalam teknik pengolahan dan pemasaran melalui media sosia,” tambah Sertu Hafizin.

Kadus Desa Duman Utara Mengatakan, “kami berharap masyarakat bisa belajar cara pemasaran melalui media sosial, karena ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat kami. Untuk adik-adik mahasiswa saya juga berharap bisa membantu masyarakat dalam teknik pemasaran nantinya, ini semua tidak lepas dari Pak Babinsa yang terus memberikan dukungan moril untuk masyarakat yang sebelumnya mengolah hasil nira hanya untuk di jadikan Tuak (miras lokal), dengan kehadiran Babinsa yang terus turun memantau masyarakat lambat laun kami harapkan semua bisa beralih menjadi perajin gula aren yang lebih menguntungkan dan mengangkat perekonomian masyarakat” ucapnya.

banner 325x300
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.