banner 728x250

Petugas UPTD Keswan Tanjung Bersama Babinsa Akan Terus Gencarkan Pemberian Suntik Vaksin Pada Hewan Ternak

banner 468x60

Lombok Utara, LombokPrime – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Sokong, Koramil 1606-02/Tanjung mendampingi petugas dari Dinas Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kesehatan Hewan (Keswan) Kecamatan Tanjung berikan suntikan vaksin kepada hewan ternak milik warga dalam upaya pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang ternak warga di Wilayah Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara (KLU), Sabtu (27/8/2022).

Babinsa Sokong Sertu Adurrahman Daeng menghimbau kepada seluruh warga maupun peternak yang tinggal berdekatan dengan kandang untuk lebih fokus memperhatikan kebersihan sekitanya.

banner 325x300

“Kami terus bersinergi dengan Petugas UPTD Keswan dan petugas lainnya di tingkat desa dalam berupaya melakukan tindakan pencegahan dan penanggulangan dini terhadap wabah PMK pada hewan ternak ini,” jelasnya.

Ia juga berharap agar warga segera melaporkan kepada petugas, jika di dapati adanya gangguan kesehatan pada hewan ternaknya.

“Yang penting kami minta kepada warga yang memiliki hewan ternak yakni sapi untuk segera melapor kepada petugas bila pada hewan ternaknya ada ciri-ciri terinfeksi PMK. Seperti mulut keluar lendir atau busa, melepuh di bawah hidung dan luka pada bagian kuku,” imbuhnya.

Sementara itu Plh Danramil 1606-02/Tanjung Lettu Inf Zainudin menyampaikan, “bahwa pihaknya melalui Babinsa jajaran bersama pihak terkait gencar melakukan tindakan pencegahan serta penanganan PMK ini, salah satunya terus melaksanakan pendampingan dalam pemberian vaksin pada hewan ternak milik warga,” tegasnya.

“Intinya kita lakukan upaya pencegahan, dengan penyuntikan vaksin, selain itu kami juga menghimbau bagi warga pemilik ternak agar rutin membersihkan kandang dan sekitarnya termasuk sarana prasarana yang di gunakan dengan harapan tidak ada hewan ternak yang terjangkit PMK,” pungkasnya.

Salah seorang petugas UPTD Keswan Tanjung menyampaikan, “semasih data hewan ternak banyak yang belum menerima suntik vaksin, kami bersama Babinsa akan terus gencarkan vaksinasi hewan teranak ini hingga KLU bebas PMK,” tutupnya.

banner 325x300
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.