Berita

Kapolsek Kuripan Gelar Kegiatan Jumat Curhat untuk Menjaga Keamanan Adat Nyongkolan

×

Kapolsek Kuripan Gelar Kegiatan Jumat Curhat untuk Menjaga Keamanan Adat Nyongkolan

Sebarkan artikel ini
Kapolsek Kuripan Himbau Kerjasama dalam Pelaksanaan Adat Nyongkolan untuk Menjaga Keamanan

Lombok Barat, NTB – Kapolsek Kuripan, Iptu Sutrisno, melaksanakan kegiatan Jumat Curhat yang bertujuan untuk menyerap keluhan dan masalah yang ada di masyarakat. Kegiatan ini diadakan di Dusun Pemangket, Desa Kuripan Utara, Kecamatan Kuripan, Jumat (23/6/2023).

Kegiatan Jumat Curhat dihadiri oleh beberapa pihak, termasuk anggota Polsek Kuripan lainnya, Bhabinkamtibmas Desa Kuripan Utara, serta perangkat kewilayahan Dusun Pelulan, Salihin, dan masyarakat Dusun Pemangket.

Kapolsek Kuripan, Iptu Sutrisno menjelaskan bahwa kegiatan Jumat Curhat dilakukan secara rutin untuk menyerap keluhan dan permasalahan masyarakat.

Namun, pada kesempatan ini, mereka juga memberikan himbauan terkait rencana pelaksanaan adat nyongkolan yang akan dilakukan pada hari Sabtu, tanggal 24 Juni 2023.

Baca Juga  Pembubaran Gocekan atau Judi Sabung Ayam di Dusun Lamper Desa Jagaraga, Kapolsek Kuripan: Laporan dari Masyarakat

“Pihak kepolisian berencana memberikan pengamanan dan mengawasi jalannya adat nyongkolan. Namun, ia juga berharap adanya kerjasama dari aparat pemerintahan desa dan pemilik hajatan dalam menjaga keamanan dan memperhatikan pemuda yang ikut serta dalam kegiatan tersebut agar tidak menimbulkan kerusuhan,” ungkapnya.

Salihin, perangkat kewilayahan Dusun Pelulan, menyampaikan bahwa pemilik hajatan sebenarnya tidak terlalu berharap menggunakan alat musik kecimol dalam adat nyongkolan.

“Namun, atas permintaan dari pemuda, kecimol harus dipenuhi agar pemuda yang diharapkan sebagai pengiring pengantin ikut berpartisipasi,” katanya.

Oleh karena itu, ia berharap aparat kepolisian sektor Kuripan dapat memberikan pengamanan pada saat kegiatan nyongkolan berlangsung.

Menanggapi permintaan tersebut, Kapolsek Kuripan menegasakan bahwa kegiatan adat nyongkolan di wilayah Kecamatan Kuripan selama ini tetap mendapatkan pengamanan baik terbuka maupun tertutup dari kepolisian sektor Kuripan.

Baca Juga  Kapolsek Gerung Berdialog dengan Warga Dusun Lilin, Meningkatkan Sinergitas Polri dan Masyarakat

“Namun juga mengharapkan adanya kerjasama dari aparat pemerintahan desa dan pemilik hajatan agar bersama-sama dapat menjaga keamanan. Memperhatikan pemuda yang ikut serta dalam kegiatan tersebut agar tidak menyebabkan gangguan,” himbaunya.

Dengan adanya kegiatan Jumat Curhat ini, diharapkan komunikasi antara masyarakat, kepolisian, dan pihak terkait dapat terjalin dengan baik. Selain itu, upaya pengamanan dan Kerjasama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *