Binkam

Sinergi Pos Airud Lembar dan Senggigi dalam Pengamanan dan Pembinaan Masyarakat di Pelabuhan dan Pantai Lombok Barat

×

Sinergi Pos Airud Lembar dan Senggigi dalam Pengamanan dan Pembinaan Masyarakat di Pelabuhan dan Pantai Lombok Barat

Sebarkan artikel ini
Patroli Dialogis Pos Airud Lembar dan Senggigi

Lombok Barat, NTB – Anggota Pos Airud Lembar dan Senggigi mengamankan pelabuhan dan pantai di Kabupaten Lombok Barat melalui patroli dialogis pada Minggu (13/8/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi potensi tindak 3C (curat, curas, curanmor) maupun premanisme. Serta memberikan himbauan kamtibmas dan keselamatan kepada masyarakat.

“Kami melakukan patroli dialogis di sekitar pelabuhan Pelindo III Lembar. Juga pesisir Pantai Senggigi dan Batu Layar,” kata Kasat Polairud Polres Lombok Barat, Polda NTB, Iptu M. Ikhsan.

Menurutnya, cuaca cerah dengan kecepatan angin 2-5 knot serta gelombang pinggir setinggi 0,5 meter. Alutsista (alat utama sistem persenjataan) kapal Pos Airud Lembar dan Senggigi terikat aman di moring masing-masing.

Baca Juga  Jumat Curhat di Kuripan Selatan: Polsek Serap Aspirasi Warga, Siap Patroli Malam Antisipasi Kejahatan

“Kami menghimbau masyarakat, termasuk para pengguna jasa pelabuhan dan pengunjung pantai. Untuk selalu memperhatikan tindakan-tindakan yang dapat merugikan keamanan dan ketertiban,” ujar Iptu M. Ikhsan.

Pembinaan Masyarakat di Wilayah Hukum Polres Lombok Barat

Selain itu, anggota Pos Airud juga menjalankan fungsi polmas (pembinaan masyarakat) di wilayah hukum Polres Lombok Barat. Mencakup perairan selatan Sekotong Lembar dan perairan Senggigi.

“Kami memberikan himbauan kamtibmas kepada para pengguna jasa pelabuhan, supir, penumpang, serta pengunjung Pantai Senggigi untuk selalu menjaga situasi kamtibmas di sekitar wilayah tersebut,” jelas Iptu M. Ikhsan.

Salah satu lokasi yang menjadi fokus anggota Pos Airud Lembar adalah Pam Wisata Pantai Cemare. Di sini, mereka memberikan himbauan agar pengunjung Pantai Cemare berhati-hati mengingat cuaca yang sering berubah dan menjaga kebersihan dan keamanan di sekitar pantai.

Baca Juga  Babinsa Koramil 1606-05/Mataram dan Polsek Mataram Menjaga Ketenangan Umat Hindu dalam Perayaan Hari Raya Kuningan di Pura Puseh Poh Gading

“Kami mengantisipasi tindak 3C dan kejahatan lainnya di Pantai Cemare,” tutur salah satu anggota Pos Airud Lembar.

Pengamanan Aktifitas Penyeberangan di Senggigi

Sementara itu, anggota Pos Airud Senggigi turut menjalankan PAM Fast Ferry Eka Jaya 23 dan 26 bersama instansi terkait Kemaritiman (DISHUB LAUT) di wilayah Pantai Senggigi. Mereka mengawal keamanan dan memberikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat sekitar.

“Kami meminta pengunjung dan warga untuk aktif menjaga kebersihan dan keamanan di kawasan pantai,” imbuh salah satu anggota Pos Airud Senggigi.

Dengan kegiatan patroli, pengamanan, dan pembinaan masyarakat ini, anggota Pos Airud Lembar dan Senggigi berharap dapat menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan terjaga di wilayah Kabupaten Lombok Barat.

Baca Juga  Polsek Labuapi Gelar Patroli KRYD untuk Ciptakan Situasi Kamtibmas Aman dan Kondusif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *