Berita

Polsek Labuapi Patroli Cegah Karhutla, Warga Kuranji Ikut Berpartisipasi

×

Polsek Labuapi Patroli Cegah Karhutla, Warga Kuranji Ikut Berpartisipasi

Sebarkan artikel ini
Upaya Polsek Labuapi Cegah Karhutla di Lahan Perkebunan Kuranji

Labuapi, Lombok Barat – Polsek Labuapi melakukan patroli untuk mencegah dan mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di lahan perkebunan di desa Kuranji, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat. Patroli ini berlangsung pada hari Rabu, 06 September 2023, mulai pukul 14.01 Wita sampai selesai.

Kapolsek Labuapi, Iptu M. Baejuli, SH, mengatakan bahwa patroli ini merupakan bagian dari upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Polsek Labuapi. “Kami mengintensifkan patroli dan tindakan pencegahan untuk melindungi lingkungan, hewan, dan masyarakat dari dampak negatif asap dan kebakaran,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa patroli ini terfokus pada area rawan Karhutla, dengan pengawasan ketat terhadap aktivitas yang dapat memicu kebakaran, seperti pembakaran lahan ilegal. “Kami mengawasi, mencegah, dan menanggapi situasi-situasi darurat yang berpotensi menimbulkan Karhutla,” katanya.

Baca Juga  489 Warga Desa Telagawaru Terima Bantuan Beras Kemendes, Pengamanan Dilakukan Polsek Labuapi

Selain itu, personil yang terlibat dalam patroli juga berdialogis dengan masyarakat setempat untuk memberikan penyuluhan dan edukasi tentang bahaya Karhutla. “Kami memberitahu mereka tentang dampak buruk Karhutla bagi kesehatan, ekonomi, dan lingkungan. Kami juga mengajak mereka untuk bersama-sama mencegah kebakaran dengan tidak membakar sampah sembarangan dan melaporkan aktivitas mencurigakan yang berkaitan dengan Karhutla,” jelasnya.

Hasil dari patroli ini adalah lingkungan, hewan, dan masyarakat terlindungi dari dampak negatif asap dan kebakaran. Area rawan Karhutla terpantau dengan ketat dan tidak terjadi kebakaran. Masyarakat sadar tentang bahaya Karhutla dan cara mencegahnya. Kerjasama antara instansi terkait dan partisipasi aktif masyarakat terjalin dengan baik dalam menjaga kelestarian lingkungan dan keamanan wilayah. Respons yang cepat dan terkoordinasi dalam menghadapi situasi darurat terjamin dengan adanya kerjasama dengan pihak-pihak terkait, seperti petugas kebakaran dan pihak berwenang di bidang lingkungan.

Baca Juga  Sembunyi di Bali, Tim Opsnal Sat Reskrim Berhasil Kejar dan Tangkap Pelaku Penggelapan Emas Ratusan Juta Lebih

Kapolsek Labuapi berharap bahwa patroli ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan. “Kami berharap masyarakat dapat mendukung kami dalam menjaga Kamtibmas di wilayah kami. Kami juga berharap tidak ada lagi Karhutla yang terjadi di sini,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *