Berita

Babinsa Koramil 1606-04/Gerung Ingatkan Warga Labuan Tereng, Lombok Barat, untuk Tidak Membakar Lahan Perbukitan Selama Musim Kemarau

×

Babinsa Koramil 1606-04/Gerung Ingatkan Warga Labuan Tereng, Lombok Barat, untuk Tidak Membakar Lahan Perbukitan Selama Musim Kemarau

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-04/Gerung memberikan imbauan penting kepada warga di Dusun Kebon Talo, Desa Labuan Tereng, Kecamatan Lembar, Lombok Barat. Imbauan ini menekankan pentingnya untuk tidak membakar lahan perbukitan dalam upaya menjaga lingkungan dan menghindari dampak negatif akibat kebakaran hutan, Sabtu (16/9/2023).

Musim kemarau yang sedang berlangsung di wilayah ini meningkatkan risiko kebakaran hutan dan lahan. Sertu I Nengah Wijaya Babinsa Labuan Tereng, mengingatkan warga Dusun Kebon Talo untuk lebih berhati-hati dan bertanggung jawab dalam mengelola lahan mereka. “Tindakan membakar lahan perbukitan dapat menyebabkan kerugian besar, termasuk kerusakan lingkungan, hilangnya sumber mata air, dan berdampak buruk pada kesehatan masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga  Polsek Kediri Pengaturan Lalu Lintas Sore Hari untuk Ciptakan Kamseltibcar dan Cegah Kemacetan di Lombok Barat

“Saya menghimbau kepada seluruh warga Dusun Kebon Talo untuk tidak membakar lahan perbukitan selama musim kemarau ini. Kebakaran hutan dan lahan dapat mengakibatkan dampak yang sangat merugikan, tidak hanya bagi lingkungan tetapi juga bagi kehidupan sehari-hari kita. Mari kita bekerja sama untuk menjaga lingkungan kita dan menghindari kebakaran yang tidak diinginkan,” ujar Sertu I Nengah Wijaya.

“Kami mengingatkan semua warga untuk patuh terhadap imbauan ini demi kebaikan bersama dan pelestarian lingkungan. Semua pihak diharapkan dapat berperan aktif dalam menjaga kelestarian alam dan mencegah kebakaran yang dapat merusak lingkungan serta mengganggu kehidupan masyarakat setempat,” Tambahnya.

Selain itu, ia juga menyoroti pentingnya pencegahan kebakaran hutan dan lahan dengan menjalankan tindakan-tindakan berikut:

  1. Jangan membakar sampah:
Baca Juga  Polisi Amankan Kantor KPU Lombok Barat Jelang Pemilu 2024

Hindari membakar sampah di area terbuka. Gunakan metode pengelolaan sampah yang aman dan ramah lingkungan.

  1. Bersihkan area sekitar:

Pastikan area di sekitar rumah dan lahan Anda bersih dari gulma kering dan bahan yang mudah terbakar.

  1. Siapkan jalur evakuasi:

Buat rencana evakuasi dan pastikan semua anggota keluarga mengetahui cara keluar dari rumah jika terjadi kebakaran.

  1. Segera laporkan kebakaran:

Jika Anda melihat atau mengetahui adanya kebakaran, segera hubungi petugas pemadam kebakaran atau pihak berwenang setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *