BeritaBinkamDaerahKabar DesaNasionalNTBSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Ibadah Haji 2024: NTB Lepas Kloter Pertama Jamaah Haji ke Tanah Suci

×

Ibadah Haji 2024: NTB Lepas Kloter Pertama Jamaah Haji ke Tanah Suci

Sebarkan artikel ini

Mataram, NTB – Dalam semarak ibdah haji tahun 2024, personel Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-09/Ampenan dan Polsek Ampenan bahu-membahu mengawal prosesi keberangkatan jamaah haji kloter pertama tahun 1445 H/2024 M. Ini menandai awal perjalanan spiritual para jamaah, yang dipanggil untuk memenuhi rukun iman kelima, yang mulai berdatangan dan akan di berangkat menuju tanah suci Mekah dari Asrama Haji Embarkasi Lombok, Jl. Soejono Lingkar Selatan, Kecamatan Sekarbela, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (12/5/2024).

 

Kota Mataram, sebagai kloter pertama, dan nantinya diikuti oleh Lombok Tengah, Lombok Barat, dan Lombok Timur, serta Sumbawa, Bima, dan Dompu, menyaksikan pengamanan yang ketat namun penuh kehangatan. Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk memastikan kelancaran dan keamanan para jamaah dalam memulai perjalanan mereka yang penuh makna.

Baca Juga  Kodim 1606/Mataram dan PT. Asabri Persero Mataram Sinergi Berikan Beasiswa, Dorong Prestasi Akademis Anak Anggota TNI

 

Kolaborasi antara TNI dan Polri, serta petugas keamanan lainnya menjadi sorotan, dengan penugasan personel yang terlatih untuk menjaga keamanan sepanjang jalur keberangkatan hingga area asrama haji. Kehadiran mereka memberikan rasa aman dan nyaman, tidak hanya bagi jamaah haji tetapi juga bagi masyarakat sekitar.

 

Kapten Inf Zainul Fahri, Komandan Koramil (Danramil) 1606-09/Ampenan, yang diwakili oleh Peltu Istiyo Purnomo, menegaskan pentingnya sinergi antara TNI dan Polri dalam menjaga ketertiban. “Kami berkomitmen untuk mendukung setiap langkah jamaah haji, memastikan bahwa mereka dapat fokus pada ibadah tanpa kekhawatiran,” ujar Peltu Istiyo Purnomo.

 

Sementara itu, Kompol Gede Sumandre, S.H., Kabag Ops Polresta Mataram, menambahkan bahwa kerjasama yang erat antara petugas keamanan baik dari TNI dan Instansi lain adalah kunci sukses pengamanan. “Harapan kami, sinergi ini akan terus berkembang, meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, dengan menerapkan cara-cara humanis,” tutur Kompol Gede Sumandre.

Baca Juga  Babinsa Selelos Kembangkan Semangat Kebangsaan di SD 1 Selelos

 

Sinergi TNI-Polri dan Dinas/Instansi terkait ini bukan hanya menjamin keamanan, tetapi juga menjadi simbol kebersamaan dan dukungan terhadap nilai-nilai spiritual yang dijunjung tinggi oleh jamaah haji. Semoga keberangkatan kloter pertama ini berjalan lancar dan membawa berkah bagi semua yang terlibat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *