BeritaBinkam

Gendang Beleq Meriahkan Tradisi Nyongkolan di Lombok Barat, Polsek Labuapi Kawal Keamanan

×

Gendang Beleq Meriahkan Tradisi Nyongkolan di Lombok Barat, Polsek Labuapi Kawal Keamanan

Sebarkan artikel ini
Gendang Beleq Meriahkan Tradisi Nyongkolan di Lombok Barat

Lombok Barat, NTB – Dentuman Gendang Beleq menggema di Lombok Barat saat warga merayakan tradisi Nyongkolan yang meriah. Polsek Labuapi, Polres Lombok Barat, Polda NTB, di bawah pimpinan Iptu I Made Dwi Putrayasa S.H., tak tinggal diam dan turut serta mengawal jalannya tradisi ini agar berlangsung aman dan kondusif.

Pada Minggu sore, 3 Juni 2024, personel Polsek Labuapi, termasuk Bhabinkamtibmas, dikerahkan untuk memantau dan mengamankan dua lokasi perayaan Nyongkolan. Pertama, warga Dusun Lendang Sedi, Desa Kuripan, bergerak menuju Dusun Paok Kambut, Desa Telagawaru, dengan iringan meriah Gendang Beleq. Rute sepanjang 500 meter melewatinya dengan penuh semangat oleh sekitar 200 peserta.

Sementara itu, di Dusun Mapak Reong, Desa Kuranji Dalang, kemeriahan tak kalah terasa. Rute sepanjang 300 meter dan sekitar 150 peserta memenihunya yang bersemangat, dengan iringan alunan musik Kecimol.

Baca Juga  Satgas Kamseltibcar Lantas Polres Lombok Barat Gelar Pengaturan Lalu Lintas di Bundaran GMS Gerung

“Kami berkomitmen untuk memastikan tradisi Nyongkolan berjalan lancar dan aman,” ujar Iptu I Made Dwi Putrayasa. “Kehadiran personel kami harapkan dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat yang merayakan tradisi ini.”

Pengamanan melakukannya secara terbuka dan tertutup, dengan personel berjaga di sepanjang rute dan berbaur dengan masyarakat. Berkat kesigapan Polsek Labuapi, perayaan Nyongkolan di kedua lokasi berakhir pada pukul 18.00 WITA dengan aman dan kondusif.

Tradisi Nyongkolan merupakan bagian penting dari budaya Lombok, dan Polsek Labuapi menunjukkan dedikasinya dalam menjaga kelestarian budaya sambil memastikan keamanan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *