BeritaNTBPertanianSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Semangat Gotong Royong TNI: Pompa Air Selamatkan 21 Hektar Sawah Petani di Kuripan

×

Semangat Gotong Royong TNI: Pompa Air Selamatkan 21 Hektar Sawah Petani di Kuripan

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Dalam sebuah aksi nyata untuk membantu masyarakat, Komandan Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-04/Gerung, turun tangan membantu Kelompok Tani (Poktan) Sopo Angen yang tengah mengalami kesulitan air untuk mengairi lahan persawahan seluas 21,16 hektar di Dusun Lendang Sedi, Desa Giri Sasak, Kecamatan Kuripan, Lombok Barat, Selasa (11/6/2024).

Kelangkaan air akibat kekeringan yang melanda daerah tersebut telah membuat para petani di Dusun Lendang Sedi cemas. Dengan areal persawahan yang mengandalkan irigasi tradisional, musim kemarau yang panjang membuat pasokan air menjadi sangat terbatas. “Kondisi ini mengancam produktivitas pertanian dan kesejahteraan masyarakat setempat yang bergantung pada hasil panen mereka,” Ucap Pak Cokorde Made Sulendra, Ketua Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Giri Sasak.

Baca Juga  Komunitas Diversity Lombok Nikmati Mudahnya Akses Layanan Kelistrikan Di Aplikasi PLN Mobile

Mengetahui situasi kritis tersebut, Komandan Koramil (Danramil) 1606-04/Gerung, Kapten Inf Baidawi bersama Bintara Pembina Desa (Babinsa) Giri Sasak, Serda Nurham. Mereka berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mencari solusi terbaik bagi para petani. Dengan semangat gotong-royong, Danramil 1606-04/Gerung memimpin langsung upaya pengadaan air darurat melalui pompa air.

“Saat kami mengetahui kondisi yang dialami oleh Kelompok Tani Sopo Angen, kami segera berupaya mencari solusi cepat dan efektif. Kesejahteraan petani adalah prioritas kami, dan kami akan terus berusaha memastikan bahwa mereka mendapatkan bantuan yang diperlukan,” ujar Kapten Inf Baidawi.

Ketua Kelompok Tani Sopo Angen, Bapak Amar, menyampaikan rasa terima kasihnya. “Kami sangat berterima kasih kepada Danramil dan jajarannya. Bantuan ini sangat berarti bagi kami. Dengan adanya air, kami bisa melanjutkan kegiatan bercocok tanam dan berharap panen tahun ini tetap memuaskan,” ujarnya.

Baca Juga  Ciptakan Kamtibmas yang Kondusif, Patroli Perintis Presisi Sat Samapta Polres Lombok Barat Sisir Wilayah

Aksi ini bukan hanya menunjukkan kepedulian TNI terhadap masyarakat, tetapi juga memperkuat membangkitkan semangat kebersamaan dan gotong-royong yang menjadi nilai luhur bangsa Indonesia. Semoga dengan adanya bantuan ini, hasil panen para petani dapat kembali meningkat dan kesejahteraan masyarakat Desa Giri Sasak dapat terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *