BeritaBinkam

Polisi di Lombok Barat Gencar Patroli KRYD Tengah Malam, Jaga Warga dari Ancaman Kriminalitas

×

Polisi di Lombok Barat Gencar Patroli KRYD Tengah Malam, Jaga Warga dari Ancaman Kriminalitas

Sebarkan artikel ini
Polisi di Lombok Barat Gencar Patroli Tengah Malam, Jaga Warga dari Ancaman Kriminalitas

Lombok Barat, NTB – Polsek Kuripan, Polres Lombok Barat, tak kenal lelah menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayahnya, melalui patroli KRYD.

Pada Kamis dini hari, (13/6/2024) tepatnya pukul 00.30 WITA, tim patroli yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Iptu Fahrizal Eko Suryanto, melakukan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD).

Bertempat di dua dusun antisipasi potensi rawan kejahatan, antara lain di Dusun Pelulan dan Dusun Pendek Anyar, Desa Kuripan Utara.

Patroli ini merupakan respons proaktif terhadap potensi ancaman kriminalitas, khususnya aksi pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian kendaraan bermotor (curanmor), begal, dan jambret.

Dengan kehadiran polisi di tengah-tengah masyarakat, diharapkan dapat menciptakan rasa aman dan mencegah terjadinya tindak kejahatan.

Baca Juga  Kolaborasi TNI dan Pendidikan: SMKN 2 Lingsar Fokus Bentuk Karakter Siswa dengan Pembekalan Disiplin dan PBB

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan patroli, terutama pada jam-jam rawan. Ini adalah bentuk nyata kehadiran negara dalam melindungi masyarakat,” tegas Iptu Fahrizal.

Tim patroli menyisir setiap sudut dusun, memantau situasi, dan melakukan stasioner di titik-titik yang dianggap rawan. Selain itu, mereka juga berinteraksi dengan warga, mendengarkan keluhan, dan memberikan imbauan keamanan.

“Kami ingin masyarakat merasa aman dan nyaman. Jika ada hal-hal yang mencurigakan, jangan ragu untuk segera melapor,” tambah Iptu Fahrizal.

AKP I Gede Gumiarsana, Kasi Humas Polres Lombok Barat, menambahkan bahwa patroli ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk menjaga Kamtibmas di wilayah hukum Polres Lombok Barat.

“Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban. Dengan sinergi yang baik antara polisi dan masyarakat, kita bisa menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif,” ujar AKP Gumiarsana.

Baca Juga  Sinergi Polri dan Hotel Cocotinus Wujudkan Keamanan dan Kenyamanan di Sekotong

Pentingnya Peran Serta Masyarakat

AKP Gumiarsana juga menekankan pentingnya peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan. “Masyarakat adalah mata dan telinga kami di lapangan. Informasi sekecil apapun dari masyarakat sangat berharga bagi kami dalam mengungkap dan mencegah tindak kejahatan,” jelasnya.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak takut melapor jika melihat atau mengalami tindak kejahatan. “Kami siap melayani masyarakat 24 jam. Jangan ragu untuk menghubungi kami jika membutuhkan bantuan,” tutupnya.

Patroli KRYD, Upaya Preventif yang Efektif

Patroli KRYD telah terbukti efektif dalam mencegah dan menekan angka kriminalitas. Dengan kehadiran polisi yang lebih sering di tengah-tengah masyarakat, para pelaku kejahatan akan berpikir dua kali sebelum melakukan aksinya.

Baca Juga  Polsek Gerung: TPPO Kejahatan Transnasional yang Merugikan

Selain itu, patroli KRYD juga menjadi sarana komunikasi yang baik antara polisi dan masyarakat. Melalui interaksi yang intensif, polisi dapat lebih memahami permasalahan yang dihadapi masyarakat dan mencari solusi bersama.

Polres Lombok Barat berharap, dengan upaya-upaya yang dilakukan, termasuk patroli KRYD, situasi Kamtibmas di wilayah Lombok Barat dapat tetap kondusif dan masyarakat dapat hidup aman dan nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *