BeritaDaerahNTBPertanianSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Gotong Royong Bersama: Babinsa dan Pok Tani Perbaiki Saluran Irgasi di Lombok Barat

×

Gotong Royong Bersama: Babinsa dan Pok Tani Perbaiki Saluran Irgasi di Lombok Barat

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Dasan Baru, Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-04/Gerung laksanakan gotong royong bersama sejumlah anggota kelompok tani (Pok Tani) Subak Barobokong III dan petani Desa Dasan Baru, Kecamatan Kediri, Lombok Barat (Lobar), Jum’at (14/6/2024).

Mereka bersama-sama bekerja keras untuk memperbaiki saluran irigasi yang sudah tersumbat di Dusun Mamuggu, yang merupakan jalur utama untuk mengalirkan air ke sawah-sawah di wilayah tersebut.

Saluran irigasi ini sangat penting untuk memastikan distribusi air yang merata dan cukup untuk lahan pertanian, terutama saat musim tanam yang sedang berlangsung. Babinsa Dasan Baru Serka Hermansyah menyatakan, “Kami sangat bersyukur dan bangganya terhadap partisipasi warga dalam kegiatan ini. Kami sangat berterima kasih kepada seluruh warga yang telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk ikut bergabung bergotong royong memperbaiki saluran irigasi ini. Kegiatan ini tidak hanya mempererat hubungan antar TNI dan warga, tetapi juga memastikan kelancaran distribusi air bagi sawah-sawah mereka.” terangnya.

Baca Juga  Polsek Lembar Amankan Pasar Rakyat Rona-rona

“Selain itu, para petani juga berhasil menghilangkan berbagai hambatan seperti sampah, lumpur, dan tanaman liar yang mengganggu aliran air. Beberapa bagian saluran yang rusak juga diperbaiki untuk mencegah kebocoran dan memperlancar aliran air,” tambah Serka Hermansyah.

Juru Pengairan Irigasi Dinas Pekerjaan Umum Lobar, Junaedi yang juga turut hadir dan turut serta dalam kegiatan ini menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Babinsa dan Pok Tani beserta warga yang telah berinisiatif mengadakan kegiatan gotong royong ini. “Ini adalah contoh dari semangat gotong royong yang harus kita lestarikan. Perbaikan saluran irigasi ini akan memberikan manfaat besar bagi hasil pertanian kita ke depan,” ucapnya.

“Dengan perbaikan saluran irigasi ini, diharapkan produktivitas pertanian di wilayah ini akan semakin meningkat, mengingat pentingnya ketersediaan air bagi tanaman padi dan tanaman lainnya. Kami berharap kepada warga dan Pok Tani untuk terus menjaga dan merawat saluran irigasi ini demi kesejahteraan bersama,” pungkas Junaedi.

Baca Juga  Lancar dan Tertib, Pelantikan KPPS Desa Labuan Tereng di Lembar Berjalan Sukses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *