Berita

Kebakaran Hutan dan Lahan di Lombok Barat Berhasil Dipadamkan: Sinergi Petugas dan Masyarakat Selamatkan Hutan

×

Kebakaran Hutan dan Lahan di Lombok Barat Berhasil Dipadamkan: Sinergi Petugas dan Masyarakat Selamatkan Hutan

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Dusun Beroro, Desa Jakem Timur, Kecamatan Lembar, Lombok Barat, pada hari Rabu (10/07/2024) berhasil dipadamkan. Petugas gabungan dari Polsek Lembar, Satuan Samapta Polres Lombok Barat, Damkar Lombok Barat, dan masyarakat setempat bahu membahu memadamkan api yang membakar lahan seluas 2 hektar.

Kapolsek Lembar, IPDA Joko Rudiantoro, S.H., M.H., yang memimpin langsung upaya pemadaman api, mengatakan bahwa api diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan oleh warga yang mencari kayu bakar. Angin kencang di lokasi kejadian membuat api dengan cepat meluas dan membakar lahan perbukitan.

“Petugas dan masyarakat sempat kesulitan memadamkan api karena medannya yang terjal dan angin kencang. Namun, dengan kerja sama yang solid, api akhirnya berhasil dipadamkan sekitar pukul 17.00 WITA,” jelas IPDA Joko.

Baca Juga  Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar Amankan Pembelian Tiket dan Muatan Kapal

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan, terutama di musim kemarau yang rawan Karhutla.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan, karena dapat dengan mudah memicu kebakaran. Jika melihat ada kebakaran, segera laporkan kepada pihak berwajib,” imbuhnya.

Upaya pemadaman api dilakukan dengan menggunakan alat seadanya seperti ranting dan pohon. Petugas juga menggunakan kendaraan Armored Water Cannon (AWC) dan 2 unit Damkar untuk memadamkan titik-titik api yang sulit dijangkau.

Karhutla ini menyebabkan kerugian materi berupa terbakarnya lahan seluas 2 hektar. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Polsek Lembar saat ini tengah menyelidiki penyebab pasti Karhutla tersebut. Petugas juga meminta keterangan dari beberapa saksi mata untuk membantu penyelidikan.

Baca Juga  Satgas Kamseltibcar Lantas Polres Lombok Barat Gelar Gatur dan Patroli di Bundaran GMS dan Bypass BIL

Karhutla merupakan bencana yang dapat dihindari dengan meningkatkan kesadaran masyarakat. Mari jaga kelestarian alam dengan tidak membakar hutan dan lahan secara sembarangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *