Bali NusraBeritaBerita UtamaDaerahNasionalNewsNewsbeatPemerintahanSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Pangdam IX/UDY Tinjau Pembangunan Dapur Sehat Kemhan di Karangasem Bali

×

Pangdam IX/UDY Tinjau Pembangunan Dapur Sehat Kemhan di Karangasem Bali

Sebarkan artikel ini

Karangasem, Bali – Dalam rangka meningkatkan gizi generasi penerus bangsa. Mayjen TNI Bambang Trisnohadi sebagai Pangdam IX/Udayana berkomitmen untuk mendukung penuh program Dapur Sehat dari Kemhan RI. Pangdam instruksikan Kodim jajarannya untuk benar-benar memberikan atensi untuk mendukung hasil peninjauan Tim Badan Gizi Nasional (BGN) dari Kemhan RI.

Keseriusan Pangdam IX/UDY dalam mensukseskan Program Dapur Sehat, diwujudkan saat peninjauan langsung pembangunannya di wilayah Kodim 1623/Kr.Asem, berlokasi di Banjar Ramie Saba, Lingkungan Desa Adat Jasri Kelod, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem, Jumat (12/7/2024). Peninjauan tersebut bertujuan untuk memastikan pelaksanaan pembangunan Dapur Sehat inisiasi dari Kemenhan RI dalam meningkatkan kualitas gizi masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam didampingi Ketua Persit KCK Daerah IX/Udayana Ny. Dian Bambang Trisnohadi. Tiba di lokasi pembangunan Dapur Sehat, disambut Dandim 1623/Karangasem Letkol Czi Riyan Yustian, S.E., M.Han., dan Pimpinan PT. Tantra Sukma Negara Cokorda Gede Agung Adnyana Putra Pemayun.

Baca Juga  Polsek Kediri Jaga Simpang Empat, Cegah Kecelakaan Saat Hujan

Pangdam sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan Kodim 1623/Karangasem untuk mendukung Program Pemerintah dalam pemenuhan asupan gizi yang cukup kepada generasi penerus bangsa. Selain itu, program ini diharapkan akan berdampak pada peningkatan perekonomian daerah, sebab bahan baku makanan sehat nantinya akan dibeli dari masyarakat setempat.

“Menjadi perhatian khusus kita, karena di Kodam Udayana wilayah Bali Nusra prioritas pertama baru di wilayah Kabupaten Karangasem. Dandim supaya mengawal dan mengawasi pembangunan ini, sebelum akhir Agustus diharapkan proses sudah selesai dan bisa beroperasi karena Karangasem ini merupakan pilot project”,ujar Pangdam.

Pangdam mohon doa restu supaya proyek berjalan dengan lancar. “Mari kita kawal bersama dan semua pihak diharapkan mendukung pembangunan dapur sehat agar selesai tepat waktu”. Progres pengerjaan saat ini mencapai 35 persen, merupakan pembangunan perdana di wilayah Kodim 1623/Karangasem.

Baca Juga  Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar Amankan Pembelian Tiket di Toll Gate ASDP Lembar

Dibangun di atas lahan seluas 2.450 meter persegi dengan luas bangunan dapur sehat 400 meter persegi. Proses pengerjaannya masih dalam tahap pemasangan dinding tembok batako, pengecoran tiang, dilanjutkan pembangunan pos jaga, perataan lahan sekitar bangunan serta pemasangan pipa saluran limbah.

Terkait pembangunan Dapur Sehat tersebut, Kapendam IX/Udayana Kolonel Inf Agung Udayana, S.E., M.M., dalam keterangan persnya menyampaikan bahwa, setiap harinya dilibatkan personel TNI dari Kodim1623/ Karangasem sebagai wujud dukungan serius pembangunan Dapur Sehat atau Unit Pelayanan Makanan Bergizi tersebut.

“Pembangunan Dapur Sehat ini akan digelar secara bertahap di seluruh Indonesia. Kemudian dalam pelaksanaannya akan melibatkan Kodim-Kodim di seluruh Indonesia, agar distribusi makanan bergizi khususnya anak-anak sekolah di daerah tersebut nantinya dapat berjalan lancar,” jelas Kapendam.

Baca Juga  Sinergi TNI-Polri Bersatu Bersihkan Saluran Irigasi: Respons Cepat Hadapi Dampak Hujan Lebat di Batulayar-Gunungsari, Lombok Barat

Kapendam menambahkan, dengan adanya Dapur Sehat Program Kemenhan RI ini, generasi muda nantinya akan lebih meningkat kesehatan dan gizinya. Asupan gizi yang baik akan berdampak pada kecerdasan intelektual maupun kondisi fisik yang baik. Hal ini akan menciptakan generasi penerus yang hebat menuju Indonesia Emas 2045. (Pendam IX/Udy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *