Bali NusraBeritaBerita NTBKabar DesaKetahanan PanganKLULombokLombok UtaraLotaraNasionalNewsNewsbeatNTBNTB One TerkiniPemerintahanPertanianSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Babinsa, PPL Desa Sokong : Irigasi Baru, Harapan Panen Melimpah!

×

Babinsa, PPL Desa Sokong : Irigasi Baru, Harapan Panen Melimpah!

Sebarkan artikel ini

Lombok Utara, KLU – Semangat gotong royong dan inovasi dalam sektor pertanian, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sokong, Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-02/Tanjung, bersama Konsultan Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Utara (KLU) dan tim pendamping, telah menuntaskan pengerjaan irigasi dengan mengecek pompanisasi di tiga kelompok tani (Poktan) di Desa Sokong, Kecamatan Tanjung, KLU, Kamis (25/7/2024).

Pengerjaan ini bertujuan untuk memastikan kelancaran dan kualitas irigasi yang sangat vital bagi pertanian di Desa Sokong. Salah satu bagian penting dari pengerjaan ini adalah pemasangan plakat nama Poktan dan pompa di dinding rumah pompa berukuran 2×2 meter, yang kini telah mencapai 100% penyelesaian. Pengerjaan saluran irigasi sepanjang 210 meter, termasuk 8 meter yang dibangun secara swadaya.

Baca Juga  Polres Lombok Barat Edukasi Masyarakat dan Penyelenggara Pemilu Jelang Pemilu 2023-2024 di Wilayah Kediri

Pendampingan ini dilakukan oleh Serda Hengky, Babinsa Dokong, di tiga lokasi persawahan: Poktan Karya Bhakti di Dusun Karang Sobor, Poktan Perawira di Dusun Perawire, dan Poktan Pungkur Tangi di Dusun Kencong. Keterlibatan Babinsa dalam program ini menunjukkan komitmen TNI dalam mendukung pembangunan desa.

Doni Surya, konsultan perencanaan Dinas Pertanian KLU, menyatakan, “Kami berkomitmen memastikan setiap tahapan pengerjaan ini berjalan sesuai rencana dan standar kualitas yang tinggi. Keberhasilan pengerjaan ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi para petani di Desa Sokong.” Ucapnya.

Yodik Cahyanto, S.P., Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Sokong, menambahkan, “Kami sangat mengapresiasi kerjasama dari semua pihak dalam program ini. Dukungan yang terus-menerus dari para petani dan pemangku kepentingan sangat penting untuk keberhasilan irigasi pompanisasi ini.” Tegasnya.

Baca Juga  Sinergi TMMD ke-119 untuk Kesadaran Hukum dan Pencegahan Narkoba di Lombok Utara

Serda Hengky Siswanto, Babinsa Desa Sokong, mengatakan, “Pendampingan ini adalah bagian dari tugas kami untuk memastikan pembangunan desa berjalan dengan baik. Kami berharap hasil irigasi ini dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan masyarakat.” harapnya.

Ketua Poktan Karya Bhakti turut mengungkapkan rasa terima kasihnya, “Kami sangat berterima kasih atas bantuan dan pendampingan yang diberikan. Semoga irigasi ini dapat meningkatkan hasil panen dan kesejahteraan petani di Desa Sokong.” ucapnya.

Dengan proyek irigasi ini, Desa Sokong diharapkan bisa semakin maju dan sejahtera, membawa harapan baru bagi para petani dan seluruh masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *