Berita

Polres Lombok Barat Sosialisasikan Pemilu Damai, Jaga Stabilitas Desa

×

Polres Lombok Barat Sosialisasikan Pemilu Damai, Jaga Stabilitas Desa

Sebarkan artikel ini
Jaga Netralitas Desa, Polres Lombok Barat Gelar Sosialisasi Pilkada

Gerung, Lombok Barat – Polres Lombok Barat melalui Subsatgas Binmas melaksanakan kegiatan penting dalam rangka Operasi Gatarin Praja 2024.

Kegiatan ini berlangsung di Kantor Desa Kebun Ayu, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat.

Kasat Binmas Polres Lombok Barat, AKP Daniel Ibi Lona, S.Sos., mengatakan bahwa langkah ini merupakan bagian dari upaya kepolisian untuk menjaga situasi yang aman, sejuk, dan damai. Khususnya menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Lombok Barat.

Menjaga Stabilitas Sosial Menjelang Pilkada 2024

Kegiatan ini memiliki tujuan utama untuk memberikan bimbingan dan penyuluhan (Binluh) kepada masyarakat dalam menyambut Pilkada 2024.

“Bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menciptakan suasana yang kondusif selama masa pemilihan,” ungkap AKP Daniel Ibi Lona, S.Sos.

Baca Juga  Rekonstruksi Pembunuhan Pegawai Koperasi di Dusun Prawira: Drama Tragis yang Menguak Fakta Baru

Menegaskan pentingnya peran aktif masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Serta menghindari tindakan provokatif yang dapat mengganggu proses demokrasi.

Dalam kesempatan tersebut, AKP Daniel Ibi Lona juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk bersikap bijak. Serta tidak mudah terpengaruh oleh informasi yang tidak benar atau hoaks.

“Hal ini sangat penting mengingat Pilkada sering kali menjadi momen yang rawan terhadap penyebaran informasi yang menyesatkan,” imbuhnya.

Oleh karena itu, masyarakat diharapkan dapat bersikap kritis dan selalu memverifikasi kebenaran informasi yang diterima.

Netralitas Perangkat Desa dalam Pilkada

Selain memberikan bimbingan kepada masyarakat, kegiatan ini juga berfokus pada koordinasi dengan perangkat desa setempat.

“Salah satu poin penting Subsatgas Binmas sampaikan adalah pentingnya menjaga netralitas dalam Pilkada 2024,” ujarnya.

Baca Juga  Pelabuhan Lembar Diperketat Jelang IAF, Keamanan Jadi Prioritas

AKP Daniel Ibi Lona menegaskan bahwa perangkat desa harus menghindari politik praktis dan bersikap netral dalam setiap tahapan Pilkada.

“Netralitas perangkat desa merupakan salah satu kunci untuk menjaga integritas proses demokrasi. Serta memastikan bahwa setiap warga negara dapat menggunakan hak pilihnya tanpa tekanan atau pengaruh yang tidak sepatutnya,” ujarnya.

Dalam dialog tersebut, Satgas Wil Lombok Barat, Subsatgas Binmas memberikan imbauan kepada perangkat desa. Agar selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian jika menemukan potensi konflik atau gangguan keamanan.

“Koordinasi yang baik antara aparat kepolisian dan perangkat desa harapannya dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan selama berlangsungnya Pilkada,” ujarnya.

Peran Aktif Subsatgas Binmas dalam Operasi Gatarin Praja 2024

Baca Juga  Tiang Listrik Tumbang di Gapuk, Lombok Barat, Akibat Pelebaran Parit Irigasi dan Hujan Lebat

Operasi Gatarin Praja 2024 yang digelar oleh Polres Lombok Barat merupakan bagian dari upaya terpadu dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Sehingga Operasi ini bukan hanya tentang menjaga keamanan, tetapi juga tentang membangun kesadaran Masyarakat. Akan pentingnya peran mereka dalam menjaga stabilitas sosial selama Pilkada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *