Bali NusraBeritaBerita NTBKetahanan PanganKLULombok UtaraLotaraNTBNTB One TerkiniTerkiniTNI-Polri

Sinergi Babinsa dan Petani: Panen Kacang Tanah di Lombok Utara Berjalan Lancar dengan Dukungan Irigasi Modern

×

Sinergi Babinsa dan Petani: Panen Kacang Tanah di Lombok Utara Berjalan Lancar dengan Dukungan Irigasi Modern

Sebarkan artikel ini

Lombok Utara, NTB – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Pemenang Barat, Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-02/Tanjung, monitoring pengairan serta pendampingan panen kacang tanah di Kelompok Tani (Poktan) Sehati, Dusun Karang Desa, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara (KLU), Selasa (24/9/2024).

Pengairan lahan pertanian ini menggunakan mesin pompa air berukuran 3 inci merek Tanikaya yang didukung oleh Dinas Pertanian KLU. Upaya ini dilakukan guna memastikan ketersediaan air bagi tanaman kacang tanah yang tengah dipanen, serta menjaga kelancaran proses irigasi di lahan pertanian yang dikelola oleh para petani lokal.

Serda Sunardi, Babinsa Pemenang Barat menjelaskan bahwa pendampingan ini merupakan bagian dari peran Babinsa dalam mendukung ketahanan pangan di wilayahnya. “Kami memastikan bahwa proses pengairan berjalan lancar, dan panen kacang tanah bisa diselesaikan dengan baik tanpa hambatan berarti,” ujarnya.

Baca Juga  Polres Lombok Barat Sosialisasi Pemilu 2024 di Lembar, Ajak Masyarakat Tidak Terprovokasi Hoaks dan Money Politic

Panen kacang tanah di Poktan Sehati ini disambut positif oleh para petani. Mereka menyampaikan apresiasi atas dukungan yang diberikan, baik dari segi alat pengairan maupun pendampingan selama proses panen. Dengan lancarnya pengairan, hasil panen diharapkan mencapai kualitas terbaik dan dapat menopang perekonomian warga setempat.

Monitoring dan pendampingan ini berlangsung aman dan tertib, sesuai dengan rencana. Babinsa dan para petani terus bersinergi untuk meningkatkan hasil pertanian di wilayah Pemenang Barat.

Kepala Dinas Pertanian KLU, Tresnahadi, S.Pt., menegaskan, “Dinas Pertaianan berkomitmen untuk terus mendukung program-program ketahanan pangan dengan menyediakan alat-alat pertanian yang diperlukan oleh petani,” ucapnya.

“Dengan upaya berkelanjutan ini, diharapkan produktivitas sektor pertanian di KLU, khususnya di Kecamatan Pemenang, terus meningkat demi terciptanya ketahanan pangan yang kuat dan berkelanjutan,” tutup Tresnahadi, S.Pt.

Baca Juga  Perwakilan TKBM Kojaboma Sampaikan Apresiasi atas Program Jumat Curhat Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *