Berita

Polisi Kawal Nyongkolan Meriah di Lombok Barat, Budaya Sasak Tetap Terjaga

×

Polisi Kawal Nyongkolan Meriah di Lombok Barat, Budaya Sasak Tetap Terjaga

Sebarkan artikel ini
Gendang Beleq Menggema, Polisi Kawal Nyongkolan di Gerung

Gerung, Lombok Barat – Polsek Gerung amankan tradisi nyongkolan di Lombok Barat, sehuingga kegiatan adat ini berjalan lancer. Berkat pengamanan ketat dari pihak kepolisian, sehingga menunjukkan komitmennya dalam menjaga keberagaman budaya di wilayah hukumnya.

Tradisi adat 2024/07/22/meriahnya-nyongkolan-polsek-kediri-jaga-keamanan-tradisi-adat-sasak/">nyongkolan merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Sasak di Lombok.

Kapolsek Gerung, Polres Lombokm Barat, Polda NTB, AKP I Kadek Sumerta, SH., menjelaskan terkait pengamanan oleh jajarannya ini.

Bahwa pengamanan tradisi nyongkolan merupakan bentuk nyata dari pelayanan Polri kepada masyarakat.

“Kami ingin memastikan bahwa kegiatan adat seperti nyongkolan dapat berjalan dengan aman, dan lancer. Serta tidak mengganggu ketertiban umum,” ujar Kapolsek.

Baca Juga  Polres Lombok Barat Sosialisasi Kamtibmas Jelang Pemilukada 2024: Peran Masyarakat Penting

Peran Bhabinkamtibmas

Dalam pelaksanaan pengamanan tradisi nyongkolan pada Rabu (31/7) lalu, mengoptimalkan sinergi TNI-Polri.

Bhabinkamtibmas Desa Mesanggok bersama Bhabinkamtibmas Zona Tengah serta Babinsa setempat memainkan peran yang sangat penting.

Mereka bertugas untuk melakukan pengawalan dan pengaturan lalu lintas selama prosesi nyongkolan berlangsung.

Rute dan Peserta Nyongkolan

Arak-arakan pengantin dari Dusun Gumise Tengah, Desa Giri Tembesi menuju rumah mempelai Perempuan. Bertempat di Dusun Dasan Ketujur, Desa Mesanggok, Kecamatan Gerung, menjadi pusat perhatian.

Iringan musik tradisional Gendang Beleq semakin memeriahkan suasana. Dengan perkiraan sekitar 100 orang turut serta dalam kegiatan ini.

Kasi Humas, Polres Lombok Barat, Polda NTB, AKP I Gede Gumiarsana, menyampaikan bahwa kegiatan nyongkolan berjalan dengan aman dan lancar.

Baca Juga  Polres Lombok Barat Edukasi Pemilu 2024 ke ASN dan Siswa SMK

“Berkat kerja sama yang baik antara TNI-Polri dan masyarakat, tradisi nyongkolan dapat terlaksana dengan meriah namun tetap kondusif,” kata AKP I Gede Gumiarsana.

Pengamanan Terpadu

Selain Bhabinkamtibmas Desa Mesanggok, pengamanan juga melibatkan Bhabinkamtibmas Kelurahan Gerung Selatan dan Bhabinsa Desa Mesanggok.

Mereka bertugas untuk menjaga keamanan di sepanjang rute, mengantisipasi gangguan Kamtibmas, dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Kapolsek Gerung mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban selama melaksanakan kegiatan adat.

“Mari kita bersama-sama melestarikan budaya kita, namun tetap memperhatikan aspek keamanan,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *