Berita

Rapat Pleno DPHP Kecamatan Lembar Sukses Digelar, Pemilu 2024 Makin Dekat

×

Rapat Pleno DPHP Kecamatan Lembar Sukses Digelar, Pemilu 2024 Makin Dekat

Sebarkan artikel ini
Rapat Pleno DPHP Kecamatan Lembar Sukses, Siap Hadapi Pilkada 2024

Lembar, Lombok Barat – Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) Tingkat Desa di Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, telah sukses terlaksana.

Rapat ini menjadi bagian penting dari rangkaian persiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi NTB. Serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Barat tahun 2024, Sabtu (3/8/2024).

Kapolsek Lembar, Polres Lombok Barat, Polda NTB, Ipda Joko Rudiantoro, S.H., M.H., mengatakan bahwa jajarannya memberikan perhatian khusus terhadap jalannya rapat pleno ini.

Partisipasi Beragam Pihak

Dalam rapat pleno ini hadir sejumlah tokoh penting di Kecamatan Lembar. Para Kepala Desa se-Kecamatan Lembar hadir bersama Ketua dan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari masing-masing desa.

Baca Juga  Polres Lombok Barat Amankan Kampanye Dialogis Caleg Gerung

Selain itu, Bhabinkamtibmas dan Babinsa turut hadir sebagai bagian dari upaya pengamanan dan pengawasan jalannya proses pemutakhiran data pemilih.

Perwakilan partai politik juga hadir untuk menyaksikan dan memastikan transparansi dalam proses ini.

Agenda Rapat Pleno

Acara memulainya dengan pembukaan yang mengawalinya dengan pembacaan Basmallah, berlanjut dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang semakin menambah khidmat suasana.

Ketua PPS kemudian membuka rapat pleno secara resmi, berlanjut dengan pemaparan hasil Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) oleh KPPS.

Presentasi ini memberikan gambaran detail mengenai perubahan data pemilih, penambahan pemilih baru, serta pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat.

Proses Rekapitulasi dan Penandatanganan Berita Acara

Setelah pemaparan hasil, kegiatan berlanjut dengan pembacaan berita acara rekapitulasi. Proses ini dalam pelaksanaannya dengan seksama untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam pencatatan data.

Baca Juga  Sebanyak 255 Pengendara Diberi Teguran dalam Operasi Patuh Rinjani 2023 di Lombok Barat

Pengawas Desa yang hadir juga ikut menyaksikan dan memverifikasi keabsahan data yang disajikan.

Selanjutnya, penandatanganan berita acara sebagai tanda sah bahwa data pemilih yang telah dimutakhirkan adalah benar dan telah mendapat persetujuan oleh semua pihak yang terlibat.

Proses ini tidak hanya menambah kredibilitas data pemilih, tetapi juga menegaskan komitmen terhadap proses demokrasi yang transparan dan akuntabel.

Keseluruhan Kegiatan Berjalan Aman dan Lancar

“Rapat pleno ini berakhir dengan suasana aman, lancar, dan kondusif. Semua peserta rapat menyatakan kepuasan mereka terhadap jalannya acara,” ujarnya.

Ipda Joko Rudiantoro juga memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk memastikan kelancaran acara ini. Serta berharap agar tahapan selanjutnya dalam proses pemilihan dapat berjalan dengan baik dan sesuai rencana.

Baca Juga  Warga Dusun Sepi Dapat Pelayanan dan Perlindungan dari Polsek Sekotong dan BKSDA NTB terkait Buaya

berbagi-sembako-dan-pesan-kamtibmas/">Kapolsek Lembar juga berharap bahwa dengan kerja sama yang baik antara semua pihak, pada setiap tahapan Pilkada kedepannya tetap berjalan aman dan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *