Berita

Upaya Subsatgas Preemtif Binmas Menjaga Keamanan Menjelang Pilkada Lombok Barat 2024

×

Upaya Subsatgas Preemtif Binmas Menjaga Keamanan Menjelang Pilkada Lombok Barat 2024

Sebarkan artikel ini
Kegiatan Subsatgas Preemtif Polres Lombok Barat, Menyambut Pilkada 2024 dengan Kesiapan dan Keharmonis

Labuapi, Lombok Barat – Subsatgas Preemtif Binmas Polres Lombok Barat melakukan upaya untuk menjaga keamanan dan ketertiban menjelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lombok Barat 2024.

Kegiatan ini berlangsung di Desa Bengkel, Kecamatan Labuapi, yang melibatkan kunjungan langsung ke tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat, Selasa (13/8/2024).

Tujuan dan Fokus Kegiatan

Dalam upaya meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat, Subsatgas Binmas melakukan silahturahmi dan kunjungan door-to-door (DDS). Kepada tokoh adat (Toda) dan tokoh masyarakat (Tomas) di Desa Bengkel.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan himbauan langsung kepada warga mengenai pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban menjelang Pilkada 2024.

“Kegiatan ini sangat penting untuk menciptakan situasi yang aman, damai, dan sejuk menjelang pemilihan,” ungkap AKP I Gede Gumiarsana, Kasi Humas Polres Lombok Barat.

Baca Juga  Polsek Pelabuhan Lembar Gelar Patroli Sepeda Antisipasi 3C dan Kemacetan

Menurutnya, partisipasi aktif dari masyarakat sangat membutuhkannya untuk memastikan bahwa proses demokrasi berjalan dengan lancar dan tanpa gangguan.

Pendekatan dan Strategi yang Digunakan

Subsatgas Preemtif Binmas menggunakan pendekatan persuasif dalam kegiatan ini. Melalui silahturahmi, mereka bertujuan untuk gerung-gelar-program-jumat-curhat-untuk-membangun-komunikasi-dengan-masyarakat-desa-babussalam/">membangun komunikasi yang baik dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Dengan pendekatan ini, mereka berharap bisa mempengaruhi masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan lingkungan mereka.

Kegiatan DDS yang dilakukan mencakup diskusi tentang berbagai isu keamanan local. Serta penjelasan mengenai langkah-langkah preventif yang bisa diambil untuk mencegah potensi gangguan.

Selain itu, pihak kepolisian juga mengedukasi warga mengenai pentingnya menjaga kerukunan dan menghindari konflik yang dapat mengganggu proses pemilihan.

Baca Juga  Pemeriksaan Kendaraan Ketat di Pelabuhan Lembar: Operasi Puri Agung II 2024 Mencegah Kriminalitas

Pentingnya Peran Masyarakat

Partisipasi masyarakat merupakan kunci utama dalam menciptakan keamanan dan ketertiban. AKP I Gede Gumiarsana menekankan bahwa peran aktif masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan sangat penting, terutama dalam periode pemilihan yang seringkali rawan konflik.

“Kami mengajak semua pihak untuk ikut berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban menjelang Pilkada,” tegas Gumiarsana.

Dengan keterlibatan aktif dari masyarakat, sehingga tercipta suasana yang kondusif dan aman bagi semua pihak.

Dampak Positif dari Kegiatan

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Subsatgas Preemtif Binmas ini harapannya dapat memberikan dampak positif terhadap situasi keamanan di Kabupaten Lombok Barat.

“Dengan adanya sosialisasi dan edukasi langsung kepada masyarakat, sehingga mereka lebih siap dalam menghadapi potensi konflik. Serta lebih proaktif dalam melaporkan setiap kejadian yang mencurigakan kepada pihak berwajib,” imbuhnya.

Baca Juga  Sat Polairud Polres Lombok Barat Patroli Pantai Cemare Cegah Tindak Pidana 3C dan Jaga Kamtibmas Menjelang Pemilu 2024

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan antara aparat batulayar-sinergi-masyarakat-dan-kepolisian-jaga-harkamtibmas/">kepolisian dengan masyarakat.

Melalui komunikasi yang baik, diharapkan kepercayaan masyarakat terhadap pihak kepolisian semakin meningkat. Pada akhirnya akan berkontribusi pada terciptanya lingkungan yang lebih aman dan damai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *