Bali NusraBeritaBerita NTBBerita UtamaBreaking NewsDaerahLombokMataramNasionalNewsNewsbeatNTBNTB One TerkiniPemerintahanPendidikanSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Semangat Pramuka di Mataram: 2.500 Orang Bergema dengan Jiwa Pancasila dalam HUT ke-63

×

Semangat Pramuka di Mataram: 2.500 Orang Bergema dengan Jiwa Pancasila dalam HUT ke-63

Sebarkan artikel ini

Mataram, NTB – Semangat Pancasila dan kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menggema di Lapangan Sangkareang, Kota Mataram. Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Gerakan Pramuka tingkat Kota Mataram berlangsung khidmat dengan dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, mulai dari para pembina Pramuka, anak-anak Pramuka dari berbagai tingkatan sekolah, hingga perwakilan dari TNI, Polri, dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Kota Mataram, Rabu (14/8/2024).

 

Upacara yang dipimpin langsung oleh Komandan Kodim (Dandim) 1606/Mataram, Kolonel Arm Muhammad Saifudin Khoiruzzamani S.Sos., M.Han., sebagai pembina upacara. Dengan tema “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI,” acara ini menjadi momen penting dalam memperkuat komitmen Pramuka untuk terus menjadi garda terdepan dalam membentuk generasi muda yang berkarakter, berjiwa nasionalis, dan siap menghadapi tantangan zaman.

Baca Juga  Lombok Barat Siap Amankan Tahapan Kampanye Pemilu, Peralatan Dalmas Diperiksa Ketat

 

Membacakan amanatnya Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso, Dandim 1606/Mataram Kolonel Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han., menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya kepada seluruh anggota Gerakan Pramuka yang telah berperan aktif dalam berbagai bidang, mulai dari pendidikan karakter hingga pengabdian masyarakat. “Gerakan Pramuka telah menunjukkan eksistensinya dalam mempersiapkan generasi muda dan selalu menjadi garda terdepan untuk membentuk anggota Pramuka berjiwa Pancasila serta menjaga keutuhan NKRI,” ujar Dandim 1606/Mataram.

 

Di tengah tantangan zaman yang penuh ketidakpastian, seperti maraknya judi online, aksi bullying, dan penyebaran budaya asing yang menggerus semangat nasionalisme, Gerakan Pramuka diharapkan dapat menjadi solusi dengan memberikan pendidikan keterampilan hidup (life skill) yang komprehensif. “Pramuka tidak hanya sekadar menangani character building, tetapi juga berperan aktif dalam pengabdian masyarakat dan berbagai bidang lainnya,” tambahnya.

Baca Juga  Peduli Lingkungan, PLN berikan Bantuan di Kawasan Ekowisata Bale Mangrove Desa Jerowaru Lombok Timur

 

Rangkaian kegiatan upacara ini ditutup dengan penyerahan tanda penghargaan kepada para tokoh yang telah berdedikasi dalam Gerakan Pramuka, serta pengumuman pemenang kompetisi desain Cadika Mahakarya 2024. Upacara yang dihadiri oleh sekitar 2.500 orang ini berjalan dengan lancar dan penuh semangat.

 

“Hari Pramuka ke-63 ini menjadi pengingat bagi seluruh anggota Pramuka dan masyarakat Indonesia untuk terus menggelorakan semangat pengabdian kepada bangsa dan negara, demi mewujudkan Indonesia Emas 2045 yang maju, sejahtera, dan berdaya saing. Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesiaku!,” pungkas Kolonel Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han., Dandim 1606/Mataram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *