Bakti SosialBali NusraBerbagiBeritaBerita NTBBerita UtamaBinkamDaerahKesehatanLobarLombokLombok BaratMataramNasionalNewsNewsbeatNTBNTB One TerkiniPemerintahanSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Program Operasi Katarak Gratis: Babinsa dan Puskesmas Sigerongan Kolaborasi untuk Kesehatan Mata Warga

×

Program Operasi Katarak Gratis: Babinsa dan Puskesmas Sigerongan Kolaborasi untuk Kesehatan Mata Warga

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Langko, Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-08 Narmada, Sertu Muhammad Faesal tak sekadar menjalankan tugas rutin. Kali ini, ia dengan penuh dedikasi mendampingi warga Desa Langko wilayah kerja Puskesmas Sigerongan yang mengikuti program operasi katarak gratis di Rumah Sakit Mata Mataram, Jl. Harimau No.1, Pejanggik, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Kamis (29/8/2024).

 

Operasi katarak ini adalah bagian dari program kemanusiaan yang digagas oleh Rumah Sakit Mata Mataram, bekerja sama dengan Freed Hollows Foundation (FHF). Program ini ditujukan untuk memberikan akses layanan kesehatan mata kepada masyarakat yang kurang mampu, sehingga mereka bisa mendapatkan penanganan medis yang layak. “Melalui operasi ini, para penderita katarak diharapkan dapat kembali melihat dengan jelas dan menjalani aktivitas sehari-hari tanpa hambatan,” Ujar Rina, Amd.Kep., petugas kesehatan Puskesmas Sigerongan yang mendampingi warga, bersama Babinsa.

Baca Juga  Personel Polres Lombok Barat Dinyatakan Sehat dan Siap Tugas Amankan OMB Rinjani 2023-2024

 

Sertu Muhammad Faesal, Babinsa Langko menegaskan bahwa pendampingan yang ia lakukan adalah wujud nyata perhatian dan tanggung jawab TNI terhadap masyarakat di wilayah binaannya. “Sebagai Babinsa, kami selalu siap membantu dan mendampingi masyarakat dalam berbagai kegiatan, terutama yang berkaitan dengan kesejahteraan dan kesehatan. Harapan kami, melalui operasi katarak gratis ini, warga Desa Langko dapat merasakan manfaat besar yang di berikan pemerintah dalam menjaga kesehatan mata mereka,” ungkapnya.

 

Respon warga Desa Langko sangat positif. Bagi mereka yang selama ini menderita gangguan penglihatan namun kesulitan mendapatkan perawatan medis. “program ini menjadi angin segar yang membawa harapan baru. Warga merasa sangat terbantu dan optimis akan pulihnya penglihatan mereka,” Ujar Kepala Puskesmas Sigerongan, Ns. Zaenal Abidin, S.Kep.

Baca Juga  Patroli Ketat Polsek Sekotong Jaga Keamanan Objek Wisata dan Antisipasi Gangguan Kamtibmas Jelang Pemilu Lombok Barat

 

Dokter spesialis mata, dr. Fitrani Anis, Sp.M., yang terlibat dalam program ini, menyatakan bahwa Rumah Sakit Mata Mataram dan FHF berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan kesehatan mata secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. “Kerja sama dengan Koramil 1606-08 Narmada, dan beberapa Puskesmas ini sangat penting untuk memastikan bahwa program ini berjalan dengan lancar dan mencapai sasaran yang tepat,” jelasnya.

 

Ia juga berharap, “kolaborasi antara TNI, tenaga kesehatan dan medis, serta organisasi kemanusiaan internasional ini dapat terus berlanjut di masa mendatang, guna meningkatkan taraf kesehatan dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *