Bali NusraBeritaBerita NTBKetahanan PanganLobarLombok BaratNTBNTB One TerkiniPertanianSinergitas Pemda TNI POLRITerkini

Sinergi TNI dan Petani di Lombok Barat: Demplot Jagung MP 212 untuk Hadapi Hama Ulat Daun

×

Sinergi TNI dan Petani di Lombok Barat: Demplot Jagung MP 212 untuk Hadapi Hama Ulat Daun

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Untuk meningkatkan hasil pertanian di Kecamatan Gerung, Lombok Barat, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Dasan Tapen, Sertu Syarifudin, bersama Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Siti Faqihatul M., dan Ketua Kelompok Tani (Poktan) Purwa Kencana, Bapak Alif, melaksanakan pemasangan Demplot jagung jenis MP 212 serta penyemprotan hama ulat daun di lahan seluas 1 hektar milik Bapak Mahsun, Senin (2/9/2024).

Kegiatan ini dilakukan di lahan jagung yang telah berumur 20 hari, bertujuan memberikan panduan langsung kepada petani di Dusun Parwa, Desa Dasan Tapen, dalam menerapkan teknik budidaya jagung yang lebih efektif. Pemasangan Demplot ini menjadi langkah penting untuk mengatasi ancaman hama ulat daun yang sering mengganggu tanaman jagung.

Baca Juga  Patroli Ketat Polres Lombok Barat di Jalur BIL, Cegah Gangguan Kamtibmas

Sertu Syarifudin menekankan pentingnya sinergi antara TNI dan petani dalam mendukung ketahanan pangan. “Kerja sama antara Babinsa, PPL, dan kelompok tani sangat penting. Kami berharap, dengan kolaborasi ini, produktivitas jagung di wilayah ini dapat meningkat, serta mampu mengatasi permasalahan hama yang merugikan petani,” ujarnya.

PPL Siti Faqihatul M. menjelaskan, “pemilihan jagung MP 212 dilakukan karena jenis ini memiliki ketahanan yang tinggi terhadap hama dan penyakit, yang diharapkan dapat meningkatkan hasil panen para petani,” ucapnya.

Ketua Poktan Purwa Kencana, Bapak Alif, mengapresiasi dukungan dan bimbingan yang diberikan oleh Babinsa dan PPL. “pendampingan ini memberikan wawasan baru bagi petani serta memotivasi kami untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas hasil pertanian,” tegasnya.

Baca Juga  Patroli Dialogis Polres Lombok Barat, Pastikan Keamanan Pilkada

“Demplot ini diharapkan menjadi contoh bagi petani lain di Kecamatan Gerung, agar dapat teknik budidaya yang lebih baik serta penanganan hama yang lebih efektif, demi meningkatkan hasil panen dan kesejahteraan petani di wilayah tersebut,” Tutup Siti Faqihatul M., PPL Kecamatan Gerung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *