Bakti SosialBeritaBerita NTBKebakaranLobarLombokLombok BaratNasionalNewsNewsbeatNTBNTB One TerkiniPemerintahanSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Sinergi TNI-POLRI, Damkar, dan Warga Selamatkan Pesantren dari Kebakaran Hebat di Lombok Barat

×

Sinergi TNI-POLRI, Damkar, dan Warga Selamatkan Pesantren dari Kebakaran Hebat di Lombok Barat

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Sebuah kebakaran hebat terjadi di Pondok Pesantren Nurul Hakim, Desa Kediri Selatan, Kecamatan Kediri, Lombok Barat, pada Senin malam (2/9/2024). Api yang melalap beberapa ruang kelas di pondok pesantren tersebut berhasil dipadamkan berkat aksi cepat masyarakat, santri, Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 1606-04 Gerung, dan petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Lombok Barat.

Hingga saat ini, penyebab kebakaran yang mengancam bangunan pesantren yang diasuh oleh TGH. Muharar Mahfud tersebut masih dalam penyelidikan. “Saat menyadari adanya api, masyarakat dan santri segera melaporkan kejadian tersebut. Respons cepat datang dari Babinsa dan tim Damkar yang langsung meluncur ke lokasi untuk memadamkan api,” jelas salah seorang santri.

Baca Juga  Jumat Curhat di Lombok Barat: Warga Keluhkan Knalpot Brong, Judi Online, dan Lampu Strobo

Babinsa Kediri Selatan, yang menerima laporan tersebut, segera berkoordinasi dengan petugas Damkar Lombok Barat dan instansi terkait lainnya. “Kami bergerak cepat setelah menerima laporan. Berkat koordinasi yang baik dengan Damkar dan dukungan penuh dari masyarakat, api berhasil dikendalikan sebelum merambat ke bangunan lain,” ungkap Serka Haenun.

TGH. Muharar Mahfud, pengasuh Pondok Pesantren Nurul Hakim, menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Babinsa, tim Damkar, serta seluruh masyarakat yang terlibat dalam pemadaman. “Berkat kerja keras dan sinergi antara TNI, Damkar, dan masyarakat sekitar, api berhasil dipadamkan dalam waktu kurang dari satu jam. Meskipun beberapa ruang kelas mengalami kerusakan parah, kami bersyukur tidak ada korban jiwa,” ujarnya.

Baca Juga  Kodim 1606/Mataram Gelar Tradisi Serah Terima Jabatan dalam Upacara Khidmat

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Lombok Barat, Ir. Moh. Sahlan, juga mengapresiasi langkah cepat yang diambil oleh TNI-Polri dan semua pihak yang terlibat. “Kecepatan dan koordinasi dalam situasi darurat seperti ini sangat krusial. Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam upaya pemadaman ini,” tuturnya.

Kapolsek Kediri, AKP Jahyadi Sibawai, S.H., menutup pernyataan dengan mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan segera melaporkan setiap kejadian mencurigakan guna mencegah terjadinya peristiwa serupa. “Penyebab pasti kebakaran ini masih dalam tahap investigasi oleh pihak berwenang,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *