Bakti SosialBali NusraBeritaBerita NTBDaerahKabar DesaKLULombokLombok UtaraLotaraNasionalNewsNTBPemerintahanPertanianSinergitas Pemda TNI POLRI

Babinsa dan Poktan Beriuk Sadar Tinjau Pembangunan Irigasi: Optimalkan Distribusi Air untuk Pertanian Lombok Utara

×

Babinsa dan Poktan Beriuk Sadar Tinjau Pembangunan Irigasi: Optimalkan Distribusi Air untuk Pertanian Lombok Utara

Sebarkan artikel ini

Lombok Utara, NTB – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sambik Bangkol, Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-10/Gangga melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama Kelompok Tani (Poktan) Beriuk Sadar di Dusun Oman Telaga untuk memantau perkembangan pembangunan saluran irigasi di areal persawahan setempat, yang dikelola secara swakelola oleh masyarakat.

 

Bersama Ketua Poktan Beriuk Sadar, Islahudin, serta para anggota kelompok, Babinsa Sambik Bangkol Serka Abdurrahman Daeng dan Ketua Poktan membahas perkembangan proyek irigasi yang kini telah mencapai 70 persen. Pembangunan irigasi ini merupakan bagian dari Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3) yang didukung oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lombok Utara dalam membangun saluran sepanjang 200 meter.

Baca Juga  Pastikan Kepulangan Jemaah Haji Aman, Polresta Mataram Lakukan Pengawalan Dan Pengamanan Di Asrama Haji

 

Setelah diskusi, Babinsa dan Ketua Poktan meninjau langsung lokasi pengerjaan irigasi yang diharapkan dapat segera rampung sesuai target. “Pembangunan ini dinilai krusial karena selama ini distribusi air ke ratusan hektare sawah di Dusun Oman Telaga tidak optimal akibat saluran yang belum permanen. Air yang seharusnya mengairi sawah sering terbuang sia-sia karena menyebar ke berbagai arah,” jelas Islahudin, Ketua Poktan Beriuk Sadar, Sabtu (19/10/2024).

 

Serka Abdurrahman Daeng, Babinsa Sambik Bangkol dalam kesempatan tersebut juga memberikan imbauan kepada para pekerja untuk menjaga kualitas pekerjaan serta mengingatkan anggota Poktan agar ke depan dapat merawat saluran irigasi yang sudah dibangun. “Dengan irigasi yang baik, kesejahteraan petani akan meningkat dan kebutuhan air untuk sawah maupun kebutuhan lainnya akan terpenuhi dengan lebih efektif,” ujar Babinsa.

Baca Juga  Kapolsek Sekotong Giatkan Patroli KRYD, Imbau Warga Waspada dan Hati-hati

 

“Pembangunan irigasi ini diharapkan mampu meningkatkan hasil pertanian di Dusun Oman Telaga dan sekitarnya, sehingga memberikan dampak positif bagi perekonomian petani sekitar,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *