Binkam

Antisipasi Ancaman di Area Pelabuhan, Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar Lakukan Pemeriksaan Kendaraan dan Barang Bawaan

×

Antisipasi Ancaman di Area Pelabuhan, Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar Lakukan Pemeriksaan Kendaraan dan Barang Bawaan

Sebarkan artikel ini

Lembar, Lombok Barat – Untuk menjamin kemanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Area Pelabuhan Lembar, personil Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar menjaga dan memeriksa seluruh aktivitas di sana, Selasa (22/8/2023).

“Kami fokuskan penjagaan dan pemeriksaan di Toll Gate Pelabuhan Penyeberangan PT ASDP Lembar. Dengan tujuan untuk mengawal proses pembelian tiket guna mencegah kemungkinan terjadinya premanisme dan praktik calo,” ujar Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar Iptu Adi Rijal P. Sipayung, S.Tr.K.

Ia menambahkan bahwa pihaknya juga melakukan pemeriksaan secara cermat terhadap Surat-surat Kendaraan. Seperti SIM (Surat Izin Mengemudi) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) untuk menjamin kelengkapan dan keabsahan dokumen. Selain itu, pihaknya juga menginspeksi barang bawaan penumpang guna mencegah adanya potensi ancaman. Seperti sajam, bahan peledak, serta barang berbahaya lainnya.

Baca Juga  Berbagi Kebahagiaan di Bulan Ramadhan: Kegiatan Takjil Ceria Kapolsek Batulayar dan Bhayangkari Ranting Senggigi

“Kehadiran kami di Toll Gate ini juga memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengguna jasa kapal yang hendak melakukan pembelian tiket,” tutur Iptu Adi Rijal.

Tak hanya itu, personil Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar juga berkolaborasi dengan Otoritas Pelabuhan Lembar untuk mengamankan proses pemuatan kendaraan di atas Kapal KMP. Marina Segunda yang berlabuh di Dermaga II Pelabuhan PT ASDP Lembar.

“Kami memeriksa ketat Surat-surat Kendaraan dari para pengguna jasa yang akan menaiki kapal. Setelah itu, kami memberikan himbauan kepada para penumpang agar senantiasa menjaga kemanan dan ketertiban selama berada di atas kapal, serta selalu mengutamakan keselamatan diri dan barang bawaan masing-masing,” papar Iptu Adi Rijal.

Baca Juga  Patroli Ramadhan Polsek Kuripan: Ciptakan Keamanan dan Kenyamanan Ngabuburit

Ia berharap bahwa kegiatan pengamanan ini dapat menjamin keamanan, keteraturan, dan kenyamanan bagi masyarakat yang memanfaatkan layanan pelabuhan. Ia juga mengimbau agar masyarakat dapat berperan aktif dalam menjaga Kamtibmas di area pelabuhan.

“Kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas di area pelabuhan. Jika ada hal-hal yang mencurigakan atau mengganggu ketertiban, segera laporkan kepada kami atau petugas yang berwenang,” pungkas Iptu Adi Rijal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *