Berita

GM PLN NTB: Tetap Utamakan Budaya K3

×

GM PLN NTB: Tetap Utamakan Budaya K3

Sebarkan artikel ini

Lombokprime.com – PLN Unit Induk Wilayah NTB melaksanakan upacara penutupan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2023 di halaman kantor PLN Unit Pelayanan Penyaluran dan Pengatur Beban (UP3B) Mataram yang diikuti oleh pegawai PLN dan mitra kerja PLN, Jumat (17/02).

Kegiatan ini merupakan acara penutup rangkaian Bulan K3 Nasional yang dimulai dari tanggal 12 Januari 2023 sampai dengan 13 Februari 2023. General Manager PLN NTB, Sudjarwo yang bertindak sebagai inspektur upacara menegaskan bahwa PLN NTB terus menggaungkan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) kepada seluruh pegawai PLN maupun mitra kerja PLN.

”Melalui rangkaian acara peringatan bulan K3 yang diselenggarakan pada 12 Januari hingga 12 Februari 2023, tentunya kita harapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap norma K3, serta penerapan K3 pada bidang pekerjaan masing-masing. Selain itu juga meningkatkan partisipasi karyawan dan mitra kerja PLN dalam mewujudkan pelaksanaan budaya K3 di setiap kegiatan usaha serta operasional,” tegas Djarwo.

Dalam sambutannya, Djarwo juga menekankan pentingnya bekerja sesuai dengan Standard Operasional Prosedure (SOP). SOP yang dijalankan dengan baik dapat menekan tingkat kecelakaan akibat kesalahan manusia. Diharapkan dengan adanya penerapan K3 yang berkelanjutan, dapat mewujudkan nol kecelakaan kerja atau zero accident.

Menurutnya keselamatan dan kesehatan kerja merupakan budaya yang melekat sehingga penerapan budaya keselamatan sangat diutamakan. Lebih lanjut Djarwo menyampaikan, K3 adalah salah satu aspek penting dalam perlindungan tenaga kerja dan hak dasar dari setiap tenaga kerja.

“Penerapan K3 terutama pada operasional peralatan sangat penting untuk mencegah kecelakaan kerja. Selain itu, penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) merupakan salah satu yang dapat dilakukan agar kecelakaan kerja dapat diminimalkan,” tambahnya.

Untuk menyemarakkan bulan K3 Nasional tahun 2023 ini, PLN NTB juga mengadakan sejumlah agenda kegiatan antara lain lomba cerdas cermat Bulan K3 Nasional 2023 antar unit dan antar mitra kerja, lomba Video Safety Campaign Competition, Safety Talk terkait dengan impelemntasi Contractor Safety Management System dan beberapa kegiatan terkait K3 yang lain.

Selain itu pada upacara penutupan bulan K3 juga dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan kepada Peserta Sertifikasi CSMS Terbaik, Peserta Sertifikasi AK3U Terbaik, para pemenang Lomba Cerdas Cermat Antar Unit dan Antar Mitra Kerja, para pemenang Lomba Video Safety Campaign Competition PLN, serta kepada PLN UPK Tambora yang mendapatkan Juara Favorit pada Lomba Fire Drill Competition Tingkat Nasional yang digelar beberapa waktu lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *