BeritaDaerahNasional

TNI-POLRI Siap Amankan Pawai Ogoh-Ogoh di Kota Mataram

×

TNI-POLRI Siap Amankan Pawai Ogoh-Ogoh di Kota Mataram

Sebarkan artikel ini

Mataram, NTB – Pemerintah Kota Mataram melalui Kepolisian Resor (Polres) Kota Mataram dan Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-01/Cakranegara menggelar apel pengamanan dalam menyambut perayaan Hari Raya Nyepi. Apel ini diadakan untuk memastikan kesiapan dalam mengamankan kegiatan pawai ogoh-ogoh yang akan digelar sebelum Hari Raya Nyepi besok.

Kapolres Kota Mataram, Kombes Pol Mustofa, S.I.K., M.H., mengatakan bahwa kegiatan apel pengamanan ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama kegiatan pawai ogoh-ogoh. “Kami telah menyiapkan personel dan peralatan yang memadai untuk memastikan keamanan dan kelancaran kegiatan pawai ogoh-ogoh,” ujarnya.

Ia juga menambahkan,  “seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan kegiatan pawai ogoh-ogoh telah diberikan pengetahuan dan pelatihan dalam menangani situasi darurat, termasuk satuan lalu lintas dalam melaksanakan pengalihan arus di jalur yang telah di tentukan,” tambah Kapolres saat mengambil Apel di Halaman Parkir Mataram Mall Mataram, Jl. Pejanggik, Cilinaya, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Selasa (21/3/2023).

Selain itu, Komandan Koramil (Danramil) 1606-01/Cakranegara Kapten Inf Iwan Suryawinarto yang turut mengerahkan personel dengan terus melakukan koordinasi dengan pihak keamanan serta mengimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi aturan dan mengikuti arahan petugas selama kegiatan pawai ogoh-ogoh berlangsung. “Kami mengharapkan kerjasama dari seluruh masyarakat untuk menjaga keamanan dan keselamatan selama kegiatan pawai ogoh-ogoh berlangsung,” tegasnya.

Pawai ogoh-ogoh sendiri merupakan salah satu tradisi dalam perayaan Hari Raya Nyepi bagi Umat Hindu yang ada di Kota Mataram. Pada kegiatan ini, masyarakat akan mengarak patung ogoh-ogoh yang dibuat dari bahan-bahan yang mudah terbakar seperti kayu dan kertas, sehingga pengamanan kegiatan ini sangat penting untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

“TNI-Polri selalu siap, mengamankan dan mengayomi setiap kegiatan masyarakat. Ia juga menegaskan kepada personel yang bertugas untuk tetap humanis dalam melaksanakan pengamanan,” pungkas Danramil 1606-01/Cakranegara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *