Nasional

Babinsa Bertais Laksanakan Komsos Bidang Kesehatan

×

Babinsa Bertais Laksanakan Komsos Bidang Kesehatan

Sebarkan artikel ini

Mataram, NTB – Sebagai wujud kepedulian di Bidang Kesehatan terlebih kesehatan balita, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Bertais Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-01/Cakranegara mengikuti kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang di laksanakan oleh Poyandu Keluarga (POSGA) ALHIDAYAH 1 sebagai sarana Komunikasi Sosial (Komsos), di Lingkungan Bertais selatan, Kelurahan Bertais, Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram, Kamis (18/5/2023).

Dalam laporannya Babinsa Bertais Sertu Suprayogi mengatakan, “Posyandu merupakan wadah pemberdayaan masyarakat yang dibentuk melalui musyawarah mufakat di desa/kelurahan dan dikelola oleh kadet-kader dan diawasi oleh petugas kesehatan dari Puskesmas, serta sebagai pusat kegiatan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan untuk Lanjut Usia (Lansia), Dewasa, Remaja, Anak-anak dan Balita, dalam menunjang keluarga sehat dan sejahtera,” jelasnya.

“Posyandu ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa semua kader posyandu, ibu hamil, anak balita serta Lansia dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar,” ucap Babinsa.

Lebih lanjut, “selain itu kegiatan ini bertujuan untuk memantau dan memastikan tumbuh kembang bayi guna mencegah stunting terhadap anak dan juga penyakit yang lain seperti Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Chikungunya yang masih sering terjadi,” tambahnya.

I Putu Dayu Bidan dari Puskesmas Cakranegara menegaskan, “Posyandu merupakan sarana yang penting bagi masyarakat masyarakat khsusunya ibu hamil dan anak untuk memantau perkembangan kesehatannya guna mengurangi resiko angka kematian ibu dan bayi, serta dalam menuntaskan program stunting,” tegasnya.

“Secara berkala di Posyandu kami melakukan penimbangan, pemberian makan bergizi dan vitamin seperti vitamin A merah untuk balita satu tahun dan vitamin A warna biru untuk balita enam sampai satu tahun, ini semua dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *