Berita

Bhabinkamtibmas Amankan Nyongkolan Antara Desa Lembar Selatan dan Kelurahan Pagutan Timur

×

Bhabinkamtibmas Amankan Nyongkolan Antara Desa Lembar Selatan dan Kelurahan Pagutan Timur

Sebarkan artikel ini
Bhabinkamtibmas di Lembar Lombok Barat Amankan dan Kawal Nyongkolan Hingga Tuntas

Lombok Barat, NTB – Bhabinkamtibmas melaksanakan kegiatan pengamanan dan pengawalan nyongkolan antara warga Desa Lembar Selatan dengan kelurahan Pagutan Timur, Kamis (8/6/2023).

Kapolsek Lembar Iptu I Ketut Suriarta, SH., M.I.Kom., mengtakan, dalam kegiatan nyongkolan ini kesenian Gendang Beleq mengiringinya.

Dusun Sepakat di Desa Lembar Selatan menjadi titik awal perjalanan pam wal nyongkolan yang di tuju ke Lingkungan Petemon, kelurahan Pagutan Timur, Kota Mataram.

“Kegiatan pengamanan dan pengawalan nyongkolan tersebut berjalan lancar dan tanpa kendala berarti,” ungkapnya.

Tim Bhabinkamtibmas dari Desa Lembar Selatan dan Kelurahan Pagutan Timur melakukan kegiatan bersama dalam menjaga kelancaran perjalanan.

Nyongkolan adalah kegiatan adat yang menyertai prosesi pernikahan suku Sasak di Lombok. Kegiatan ini melibatkan arak-arakan mempelai dari rumah mempelai pria ke rumah mempelai wanita, mendapat iringan dari keluarga dan kerabat.

Baca Juga  Wisatawan Puas dengan Pelayanan Polsek Lembar di Pantai Cemare Lombok Barat

Selama prosesi, rombongan musik seperti Gendang Beleq, dapat ikut menyertai rombongan, terutama pada kalangan bangsawan.

Tujuan dari prosesi ini adalah untuk memperkenalkan pasangan mempelai kepada masyarakat, terutama kepada kerabat dan masyarakat di lingkungan tempat tinggal mempelai perempuan.

Prosesi ini menarik perhatian masyarakat untuk menyaksikannya, terutama karena suara gendang yang mengiringinya. Sehingga berpotensi menimbulkan kemacetan insidental akibat Nyongkolan di sepanjang jalan.

Kegiatan pengamanan dan pengawalan ini menjadi bukti nyata bahwa polisi tidak hanya berperan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Tetapi juga sebagai perekat sosial dalam menjalin hubungan yang harmonis antara masyarakat dan pihak kepolisian,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *