Berita

Satuan Samapta Polres Lombok Barat Mengamankan Persiapan Pemilu Serentak 2024

33
×

Satuan Samapta Polres Lombok Barat Mengamankan Persiapan Pemilu Serentak 2024

Sebarkan artikel ini
Satuan Samapta Polres Lombok Barat Mengamankan Persiapan Pemilu Serentak 2024

Lombok Barat, NTB – Satuan Samapta Polres Lombok Barat melakukan pengamanan dan patroli terkait persiapan penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024 di Kabupaten Lombok Barat, Senin (3/7/2023).

Dalam rangka mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), anggota Satuan Samapta melaksanakan patroli dan pengamanan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Barat.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memastikan situasi yang kondusif menjelang tahapan penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Lombok Barat.

AKP Sony Hartono, Kasat Samapta Polres Lombok Barat, menekankan pentingnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Terutama menjelang penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024 di Kabupaten Lombok Barat,” ungkapnya.

Selain itu, AKP Sony Hartono juga mengungkapkan komitmen Satuan Samapta untuk terus melaksanakan patroli dan pengamanan guna menjaga situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Lombok Barat.

“Dengan adanya kegiatan patroli dialogis dan penggeledahan badan yang dilakukan secara intensif, diharapkan dapat mencegah terjadinya tindak kejahatan,” ujarnya.

Baca Juga  Polsek Sekotong Sosialisasi TPPO, Cegah Korban dari Eksploitasi

Selain itu, melakukan pemantau di beberapa wilayah di Lombok Barat, seperti di Desa Jagara Indah, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat, anggota Satuan Samapta melaksanakan patroli dialogis.

“Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polres Lombok Barat,” katanya.

Dalam patroli tersebut, Tim Patroli Perintis Presisi menemukan sejumlah anak muda yang masih berkeliaran hingga larut malam di Terong Tawah, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat.

“Dilakukan pemeriksaan dan penggeledahan badan guna mengantisipasi adanya barang bawaan yang membahayakan atau mencurigakan seperti senjata tajam (sajam) dan narkoba, namun tidak ditemukan,” pungkasnya.

Selanjutnya, mereka dihimbau untuk pulang ke rumah masing-masing guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan menjaga situasi kamtibmas yang kondusif.

Baca Juga  Polres Lombok Barat Gelar Patroli dan Sterilisasi di Kantor KPU Gerung Antisipasi Gangguan Kamtibmas Pemilu 2024

Di Telaga Waru, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat, Tim Patroli Perintis Presisi juga menemukan anak muda yang masih berkeliaran hingga larut malam, yang berpotensi rawan aksi kejahatan.

“Sama seperti sebelumnya, dilakukan pemeriksaan dan penggeledahan badan guna mengantisipasi adanya barang bawaan yang membahayakan atau mencurigakan, tetapi tidak ditemukan,” imbuhnya.

Mereka juga diberikan himbauan agar pulang ke rumah masing-masing demi menjaga situasi kamtibmas yang kondusif.

Selanjutnya, di Banyumulek, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat, anggota Satuan Samapta melaksanakan patroli untuk mengantisipasi aksi 3C (Curas, Curat, Curanmor) dan aksi kriminalitas lainnya, serta mencegah adanya aksi balap liar.

Tim Patroli Perintis Presisi kembali menemukan anak muda yang masih berkeliaran hingga larut malam, yang berpotensi rawan aksi kejahatan. Dilakukan pemeriksaan dan penggeledahan badan terhadap pengendara yang melintas di jam rawan dan jalur rawan tindak kejahatan, namun tidak ditemukan barang bawaan yang membahayakan atau mencurigakan.

Baca Juga  Polsek Sekotong Bina Keamanan dan Kemitraan dengan Kelompok Boatman di Desa Gili Gede Indah Melalui Kegiatan Jumat Curhat

Mereka juga diberikan himbauan agar pulang ke rumah masing-masing guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan menjaga situasi kamtibmas yang kondusif.

“Masyarakat Kabupaten Lombok Barat juga diimbau untuk selalu menjaga kerjasama yang baik dengan kepolisian dan melaporkan segala hal yang mencurigakan demi keamanan bersama,” imbaunya.

Dalam upaya menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman, partisipasi aktif dari masyarakat sangatlah penting.

Kegiatan patroli dan pengamanan yang dilakukan oleh Satuan Samapta Polres Lombok Barat ini menjadi bukti nyata dari komitmen kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Dengan adanya sinergi antara kepolisian dan masyarakat, diharapkan Kabupaten Lombok Barat dapat menjadi wilayah yang aman, kondusif, dan nyaman untuk tinggal,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *