Binkam

Upaya Bersama Denkesyah dan Kodim 1606/Mataram: Edukasi Stunting untuk Generasi Muda yang Lebih Sehat dan Tangguh

×

Upaya Bersama Denkesyah dan Kodim 1606/Mataram: Edukasi Stunting untuk Generasi Muda yang Lebih Sehat dan Tangguh

Sebarkan artikel ini

Mataram, NTB – Dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan anak dan pertumbuhan yang optimal, Dentasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 09.04.02 Mataram menggelar penyuluhan kesehatan tentang stunting di Aula Komando Distrik Militer (Kodim) 1606/Mataram, Jl. Pejangik No. 7 Mataram, Rabu (30/8/2023).

Kegiatan yang dihadiri oleh 50 anggota Kodim 1606/Mataram, serta sejumlah pejabat utama dalam lingkup Denkesyah dan Kodim. Dalam sambutan pembukaan, Komandan Kodim (Dandim) 1606/Mataram, Letkol Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han., menekankan pentingnya pemahaman akan konsep stunting. Ia juga mendorong para peserta untuk bertanya kepada tenaga medis yang berkompeten jika ada hal yang belum dipahami.

Tim penyuluhan, yang terdiri dari perwakilan Denkesyah Mataram dan anggota medis lainnya, memberikan informasi lengkap mengenai stunting. “Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang pada anak-anak, menghambat pertumbuhan mereka dan mengakibatkan tinggi badan yang lebih rendah dari anak-anak sebaya,” Ucap dr. Letda Ckm. Kowad Nisah Pasaribu.

Baca Juga  Jumat Curhat Polsek Labuapi Bersama KOMBOOL, Mencari Solusi Bersama untuk Komunitas Odong-Odong Lombok

Dalam penyuluhan tersebut, dr. Ckm. Kowad Anisa Pasaribu juga menjelaskan, “ciri-ciri stunting, penyebabnya yang meliputi faktor nutrisi ibu sejak hamil, pemberian ASI, dan faktor lingkungan. Selain itu, juga diuraikan tindakan pencegahan stunting, seperti pemberian ASI eksklusif minimal 6 bulan, sanitasi lingkungan yang baik, pemberian makanan pendamping ASI (MPASI), dan pemberian obat cacing secara berkala,” jelasnya.

Ketua tim penyuluhan kesehatan Wakil Komandan Detasemen Kesehatan Mayor Ckm. Dwi Sisworo, S.Kep., Ners., M.Kes., menyampaikan apresiasi kepada Komandan Kodim 1606/Mataram dan Kodim 1606/Mataram atas fasilitas dan dukungannya dalam menyelenggarakan penyuluhan ini. Ia berharap informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi seluruh peserta, khususnya anggota Kodim 1606/Mataram.

Baca Juga  Kebakaran Lahan Kosong Mengancam Wilayah Dusun Karang Jurang, Lombok Utara:  Babinsa, Pemadam, DLH dan Bhabinkamtibmas Respon Cepat Laporan Warga

“diharapkan kesadaran akan pentingnya gizi anak dan stunting dapat semakin meningkat, serta langkah-langkah pencegahan dapat diimplementasikan secara lebih baik. Penyuluhan ini menjadi bukti komitmen Denkesyah 09.04.02 Mataram dan Kodim 1606/Mataram dalam meningkatkan kesehatan generasi muda untuk masa depan yang lebih baik,” Pungkas Dandim 1606 Mataram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *