Berita

Sat Binmas Polres Lobar Ajak Perdik Menjadi Solah dalam Program Solah dan Binluhkum

×

Sat Binmas Polres Lobar Ajak Perdik Menjadi Solah dalam Program Solah dan Binluhkum

Sebarkan artikel ini
Solah, Program Satbinmas Polres Lobar untuk Membentuk Peserta yang Baik

Lombok Barat, NTB – Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polres Lombok Barat (Lobar) melaksanakan program Sosialisasi ke Sekolah (Solah) dan Bimbingan Hukum (Binluhkum) di SMPN 1 Gerung, Kecamatan Gerung, Lobar, Senin (18/9/2023), Senin (18/9/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada para perdik (pelajar) tentang berbagai hal yang berkaitan dengan hukum, moral, dan kearifan lokal.

Solah merupakan program unggulan Satbinmas Polres Lobar yang menerapkan kearifan lokal dalam bahasa Sasak (Lombok) yang memiliki arti baik. Program ini diharapkan dapat membentuk perdik yang baik dalam segala aspek, baik akademik, sosial, maupun spiritual.

Kasat Binmas Polres Lobar AKP Daniel Ibi Lona, S.Sos. menjadi pembina upacara dan memberikan materi Solah dan Binluhkum kepada segenap perdik dengan jumlah sekitar 500 orang. Materi yang disampaikan meliputi bullying, tata tertib sekolah, empat pilar kebangsaan, kebersihan, narkoba, tata tertib berlalu lintas, kenakalan remaja, bolos sekolah, gamak (perjudian), wawasan nusantara, dan lain-lain.

Baca Juga  Polres Lombok Barat Patroli dan Sosialisasikan Inovasi KEMOS di Desa Banyu Urip

AKP Daniel mengatakan bahwa program Solah dan Binluhkum ini merupakan bentuk kepedulian Polri terhadap generasi muda yang merupakan penerus bangsa.

“Kami ingin membekali para perdik dengan pengetahuan dan keterampilan yang berguna bagi mereka di masa depan. Kami juga ingin mengajak mereka untuk menjaga kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) di lingkungan masing-masing agar tetap kondusif,” ujarnya.

Ia juga menghimbau kepada pihak sekolah untuk tetap bersinergi dengan Polri, instansi terkait, dan para wali perdik untuk melakukan pengawasan secara kontinyu kepada para perdik.

“Kami berharap agar para perdik dapat terhindar dari pelanggaran hukum dan aturan moral yang ada di tengah masyarakat. Kami juga berharap agar mereka dapat menjadi perdik yang solah atau baik dalam arti luas,” tuturnya.

Baca Juga  MR.DIY: Lebih dari Sekedar Toko, Sebuah Komitmen untuk Kebutuhan Keluarga

Selain itu, ia juga menyampaikan apresiasi dari Kepala SMPN 1 Gerung atas dukungannya kepada Satbinmas Polres Lobar atas pelaksanaan program Solah dan Binluhkum di sekolahnya.

“Beliau sangat mendukung program ini karena sangat bermanfaat bagi perkembangan karakter dan prestasi para perdik. Beliau juga berharap program ini dapat terus berlanjut dan meningkatkannya,” katanya.

Ia juga menuturkan kesan positif dari para perdik yang tampak antusias mengikuti kegiatan Solah dan Binluhkum.

“Mereka juga berjanji untuk belajar lebih giat lagi dan menjadi perdik yang solah,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *