Berita

Patroli Karhutla, Polsek Labuapi Berkoordinasi dengan Instansi Terkait dan Berikan Penyuluhan kepada Masyarakat

×

Patroli Karhutla, Polsek Labuapi Berkoordinasi dengan Instansi Terkait dan Berikan Penyuluhan kepada Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Polsek Labuapi Gencar Patroli Cegah Karhutla di Lahan Perkebunan

Labuapi, Lombok Barat – Polsek Labuapi meningkatkan upaya menjaga keamanan dan mengatasi ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Personil piket SPKT II Polsek Labuapi melaksanakan giat patroli di lahan perkebunan di Dusun Karang Bangket Desa Kuranji Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat, sabtu (23/9/2023).

Kapolsek Labuapi, Iptu M. Baejuli, SH, mengatakan bahwa patroli ini bertujuan untuk mengintensifkan pengawasan dan pencegahan. Terhadap aktivitas yang dapat memicu kebakaran, seperti pembakaran lahan ilegal.

“Kami berdialogis dengan masyarakat dan memberikan penyuluhan tentang bahaya Karhutla serta cara mencegahnya. Seperti tidak membakar sampah sembarangan dan melaporkan aktivitas mencurigakan,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa patroli ini juga merupakan bentuk kerjasama antara instansi terkait dan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan dan keamanan wilayah.

Baca Juga  Baru! Judi Adu Jangkrik Terbongkar di Lombok Barat, 3 Orang Diciduk

“Kami juga berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti petugas kebakaran dan pihak berwenang di bidang lingkungan. Guna memastikan respons yang cepat dan terkoordinasi dalam menghadapi situasi darurat,” katanya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini akan terus melakukannya secara berkesinambungan, dalam memberikan kesadaran kepada Masyarakat akan bahaya Karhutla.

Hasil dari patroli ini adalah masyarakat menjadi lebih sadar dan peduli terhadap lingkungan, hewan, dan masyarakat dari dampak negatif asap dan kebakaran.

Selain itu, personil Polsek Labuapi juga memiliki peran penting dalam mengawasi, mencegah, dan menanggapi situasi-situasi darurat yang berkaitan dengan Karhutla.

“Bila menemukan hal-hal terkait dengan karhutla, agar dapat menghubungi Bhabinkamtibmas, Babinsa, maupun aparatur Desa Setempat. Agar kami juga dapat mengambil Langkah-langkah lebih awal guna mengantisipasi karhutla ini,” pungkasnya.

Baca Juga  PLN Rampungkan Pembangunan Terminal Khusus (Jetty) PLTMGU Lombok Peaker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *