Berita

Pengamanan Upacara Ngaben, Polsek Gerung Rekayasa Lalu Lintas dan Apresiasi Kerukunan Masyarakat

×

Pengamanan Upacara Ngaben, Polsek Gerung Rekayasa Lalu Lintas dan Apresiasi Kerukunan Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Upacara Ngaben di Batu Goleng

Gerung, Lombok Barat – Polsek Gerung melakukan pengamanan rangkaian kegiatan prosesi upacara Ngaben salah satu warga Lingkungan Batu Goleng, Kelurahan Gerung UtaraKecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, Sabtu (23/9/2023).

Kapolsek Gerung Iptu I Kadek Sumerta, SH mengatakan bahwa pengamanan dilakukan untuk menjaga ketertiban dan keselamatan masyarakat yang melaksanakan upacara adat Hindu tersebut.

“Kegiatan diawali dengan acara mecaru, Narpana dan dilanjutkan dengan pengusungan wadah menuju simpang lima patung koprasi. Mendapat iringan gamelan bleganjur dengan jumlah warga yang terlibat sekitar 100 orang,” ujar Kapolsek.

Ia menambahkan bahwa demi kelancaran dan keamanan pelaksanaan kegiatan, pihaknya bersama anggota melaksanakan rekayasa arus lalulintas. Bertempat di simpang lima patung koprasi dengan cara memberhentikan sementara seluruh laju kendaraan.

Baca Juga  Polres Lombok Barat Tingkatkan Patroli Preventif Jelang Pemilu 2024

“Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah bersikap kooperatif dan tertib selama kegiatan berlangsung,” tutur Kapolsek.

Kapolsek juga mengapresiasi keharmonisan dan toleransi masyarakat di Gerung yang cukup baik. Ia berharap agar kerukunan antar umat beragama dapat terus terjaga dan menjadi contoh bagi daerah lain.

“Ini menunjukkan bahwa kita semua adalah saudara sebangsa dan setanah air yang harus saling mendukung dan menjaga,” ungkap Kapolsek.

Kegiatan pengamanan upacara Ngaben tersebut berakhir pukul 13.00 Wita dan berjalan lancar tanpa ada kendala.

Menurutnya, kegiatan pengamanan ini merupakan salah satu bentuk pelayanan Jajarannya kepada Masyarakat, termasuk dalam pengamanan kegiatan keagamaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *